oleh

70 Persen Puskesmas di Sumenep Terakreditasi Tingkat Dasar, Ini Kata Dinkes Sumenep

Kabarmadura.id/Sumenep-Di Sumenep ada 30 pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas) yang tersebar di 27 kecamatan. Namun, 70 persen puskesmas masih akreditasi dasar. Hal itu disampaikan Dinas Kesehatan (Dinkes) Sumenep. Ia menambahkan, meskipun terakreditasi dasar, namun pelayanan di puskesmas sudah sesuai dengan standar operasional prosedur (SOP) dan Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) Nomor 75 Tahun 2014 tentang Pusat Kesehatan Masyarakat.

“Untuk akreditasi ulang memang ada sekitar 17 puskesmas, 8 sudah selesai dan sisanya tahun depan. Tetapi untuk saat ini kapasitas puskesmas 70 persen masih tingkat dasar,” kata Agus Mulyono Kepala Dinkes Sumenep.

Dia menegaskan, program akreditasi puskesmas dijalankan sejak 2014. Akreditasi merupakan bukti bahwa pusat pelayanan dasar tersebut sudah memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat.

Kriteria penilaian akreditasi puskesmas meliputi sejumlah aspek. Di antaranya, ketersediaan sarana dan prasarana (sarpras), sumber daya manusia (SDM) pegawai, manajemen, peralatan medis, dan pelayanan kepada masyarakat.Sementara tingkatan akreditasi puskesmas ada empat. Yakni, tingkat dasar, madya, utama, dan paripurna.

”Tapi untuk yang di Puskesmas Guluk-Guluk sudah paripurna nilainya, itu merupakan capaian luar biasa bahkan satu-satunya di Madura,” imbuhnya.

Agus menambahkan, nilai akreditasi jika sudah paripurna atau minimal utama, maka secara otomatis sudah mempunyai tanggung jawab lebih dari sebelumnya, selain pelayanan harus maksimal maka kualitas sarpras dan pendukung lainnya harus juga lebih maksimal.

Sementara itu Wakil Ketua Komisi IV DPRD Sumenep Siti Hosna agar Dinkes Sumenep memperhatikan aspek yang dapat meningkatkan nilai akreditasi, sehingga dalam reakreditasi nilainya bisa meningkat.

“Termasuk untuk diperhatikan juga dari segi kebersihan, semua peralatan harus steril, kamar tidur harus rapi, bersih dan wangi (minimal ada pengharum ruangan) kipas angin harus berfungsi,” paparnya. (ara/pai)

Komentar

News Feed