700 Buku Belum Dikembalikan

  • Whatsapp

Kabarmadura.id/SUMENEP-Akibat dari tidak tertibnya administrasi, Dinas Perpustakaan Daerah (Perpusda) Sumenep kehilangan sebanyak 700 bahan pustaka. Bahan pustaka tersebut tidak dikembalikan oleh pengunjung.
Mayoritas peminjam yang belum mengembalikan buku itu yakni mahasiswa dan masyarakat umum serta siswa.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas Perpusda Sumenep, Ach Masuni. Karenanya, untuk sementara buku-buku di perpusda tidak bisa dibawa pulanh. Sebab masih proses perbaikan. Ia juga mengaku saat ini masih mengurus buku yang dipinjam yang belum dikembalikan.

“Sebanyak 700 buku nantinya akan diambil, jika terpaksa nanti pihak perpusda bakal parani ke rumahnya,” katanya, Senin (23/9).

Menurutnya, buku yang belum dikembalikan oleh peminjam itu bukan berarti hilang, lantaran data identitas diri peminjam masih tercatat dan alamatnya lengkap. Bahkan menurutnya, kalau hilang itu musnah dikarenakan terbakar atau kebanjiran. “Buku–buku itu hanya belum dikembalikan kok,” ujarnya.

Menurutnya, jika pengurusan buku yang hilang sudah selesai, siapapun bisa meminjam buku di perpustakaan Sumenep dengan syarat daftar jadi anggota sesuai prosedur yang ada. Dan nantinya bakal diberikan kartu perpusda sebagai syarat utamanya.

“Pelayanan dari kami terus digenjot untuk kebaikan pengunjung perpusda,” tuturnya.
Sementara itu, salah satu pengunjung Ahmad Zulkifli selaku guru di SMP Nahdatul Ulama Sumenep mengutarakan, selama lima tahun berkunjung, pelayanannya lumayan bagus. Tetapi, tidak semua buku bisa dipinjam, khususnya untuk ensiklopedi.

“Seandainya bisa dipinjam maka pengunjung akan merasa puas dengan pelayanan perpusda,” ujarnya.

Diharapkan, Perpusda lantai bawah bukunya agak semakin lengkap. Supaya para pengunjung bisa membaca dan meminjam buku di perpusda.

“Pada prinsipnya para pengunjung dapat memenuhi kebutuhan yang diinginkannya,” pungkasnya. (Imd/pai)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *