36 Sekolah dan 6 Puskesmas di Sumenep Masuk Kategori Ramah Anak

  • Whatsapp
(FOTO: KM/DOKUMEN ) DIMAKSIMALKAN: 36 sekolah dan 6 puskesmas di Sumenep masuk kategori ramah anak tahun 2021.

KABARMADURA.ID, SUMENEP -Kendati sudah memiliki 36 sekolah dan 6 puskesmas yang masuk kategori ramah anak tahun 2021, namun pelaksanaannya belum maksimal. Sejauh ini, Sumenep belum meraih prestasi gemilang di bidang kabupaten layak anak (KLA).

“Sekolah dan puskesmas di Sumenep masih perlu pembenahan,” ucap Plt Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB) Sumenep Moh. Kadarisman, Minggu (1/8/2021).

Bacaan Lainnya

Jenjang pendidikan anak usia dini (PAUD) yang masuk kategori ramah anak di Sumenep antara lain, PAUD Pembina, PAUD Bhayangkari, PAUD Islam Integral Qurrota’ayun, PAUD Al-Kautsar, PAUD Islam YPAA, PAUD, AL-Albar, PAUD Muslimat II.

Untuk jenjang sekolah dasar (SD) antara lain SDN Pajagalan II, SDN Manding Laok I, SDN Bata’al Barat I, SDN Lobuk I, SDN Kalinget Barat I, SDN Lenteng Timur I, SDN Pragaan Laok I. Untuk jenjang SMP ada sebanyak 4 daintaranya, SMPN 1 Saronggi, SMPN 1 Bluto, SMPN 2 Kalianget, dan SMPN 1 Guluk-guluk.

Sedangkan puskesmas yang masuk ramah anak adalah Puskesmas Pamolokan, Ambunten, Kalianget, Ganding, Batuan dan Puskesmas Bluto.

Kendati begitu, anggota Komisi IV DPRD Sumenep M. Syukri mengatakan, DP3AKB harus terus memaksimalkan sekolah dan puskesmas ramah anak. Sebab amanat pemenuhan hak anak pada Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2014 adalah bagian dari hak asasi manusia yang wajib dijamin dan dlindungi.

Orang tua berkewajiban dan tanggung jawab untuk mengasuh, memelihara mendidik dan melindungi anak, menumbuhkembangkan anak sesuai dengan kemampuan, bakat dan minatnya serta terjadinya perkawinan pada usia anak dan memberikan pendidikan karakter dan penanaman nilai budi pekerti pada anak.

“Kami berharap sekolah dan puskesamas yang masuk ramah anak dapat dijadikan contoh pada sekolah serta puskesmas lainnya,” ujar Syukri. (imd/waw)

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *