Kesbangpol Tidak Miliki Program Peningkatan Wawasan Kebangsaan

  • Whatsapp
(FOTO: KM/IMAM MAHDI) SATUKAN TEKAD: pada hari kemerdekaan, masyarakat perlu pengetahuan tentang wawasan kebangsaan.

KABARMADURA.ID, SUMENEP- Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Sumenep, Akh. Zaini, mengaku, program peningkatan wawasan kebangsaan belum optimal tahun ini. Bahkan, ulas Zaini, pihaknya juga belum memiliki program tersebut.

Hal itu, urai Zaini, menjadi bahan evaluasi bagi lembaganya. Penyebab tidak adanya program peningkatan wawasan kebangsaan, diakui Zaini, karena terbatasnya anggaran pada kantor yang dipimpinnya.

“Anggaran saat ini hanya cukup untuk kegiatan lainnya. Jika harus ada wawasan kebangsaan maka perlu setidaknya anggaran senilai Rp100 juta,” ujar dia.

Ketua DPRD Abdul Hamid Ali Munir mengatakan, peningkatan wawasan kebangsaan saat ini sangat penting untuk digalakkan melalui seluruh elemen warga. Sebab, akan mempermudah generasi muda dapat mengetahui tentang hidup berbangsa dan bernegara.

“Jika wawasan kebangsaan bagi masyarakat lemah, maka akan berpengaruh terhadap generasi muda selanjutnya,” ucap Hamid.

Menurutnya, sebaiknya harus memberikan instrumen pada Organisasi-organisasi untuk melakukan kerjasama. Misalnya, organisasi kemahasiswaan dan organisasi lainnya dengan mengadakan acara peningkatan wawasan kebangsaan

4 pilar kebagsaan juga harus dilakukan pelatihan. Apalagi saat ini menghadapi momentum hari kemerdekaan. Maka perlu dorongan untuk belajar tentang wawasan kebangsaan.

“OPD terkait harus mengusahakan program tersebut. Selama tidak diajukan, bagaimana akan dibahas di DPRD?. Ajukan dulu, silahkan dibahas bersama dengan DPRD sisi pentingnya dan urgensinya,” pungkasnya (imd/bri)

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *