Sekolah Favorit Masih Dominasi Paskibraka

  • Whatsapp
(FOTO: KM/ ALI WAFA) SEMANGAT: Peserta paskibra tahun 2021 utusan dari berbagai sekolah di Pamekasan sedang mengikuti latihan bersama.

KABARMADURA.ID, PAMEKASAN-Memasuki bulan Agustus, biasanya setiap daerah membentuk pasukan pengibar bendera (paskibra) yang bertugas pada upacara hari ulang tahun (HUT) Republik Indonesia ke-75 mendatang. Seperti halnya dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan telah memilih 72 siswa-siswi terbaik sekolah menengah atas (SMA) untuk menjadi paskibraka.

Kepala Seksi Kepemimpinan, Wawasan dan Kepeloporan Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Pamekasan Hasimuddin menuturkan, seleksi paskibra telah dilakukan pada akhir Maret lalu. Keterwakilan dari belasan sekolah telah ada. Namun, Paskibra Pamekasan tahun 2021 masih didominasi oleh sekolah favorit, yaitu SMAN 1 Pamekasan, SMAN 2 Pamekasan,  dan SMAN 3 Pamekasan.

“Karena tiga sekolah ini telah memiliki wadah khusus yang melatih siswanya jadi paskibra. Jadi tidak sulit bagi mereka,” tuturnya.

Tidak banyak yang beda dengan paskibra tahun ini. Namun, jika tahun sebelumnya setiap tiga orang paskibra ditugaskan ke 13 kecamatan dan hanya menyisakan beberapa saja untuk bertugas di kabupaten, maka tahun ini, seluruh paskibra sebanyak 72 orang bertugas di kabupaten. Karena belum ada petunjuk dari pemerintah mengenai adanya pelaksanaan upacara di tingkat kecamatan.

Latihan bersama paskibra telah dimulai sejak 3 Agustus lalu di monumen Arek Lancor. Pada Sabtu (7/8/2021), latihan dilaksanakan di halaman Mandhapa Aghung Ronggosukowati. Biasanya, formasi tetap paskibraka ditentukan sehari sebelum pelaksanaan upacara. Tiga hari sebelumnya, pasikbraka dikarantika di hotel SMKN 3 Pamekasan.

Ia menceritakan, seluruh peserta paskibra telah menjalani pemeriksaan swab pertama. Hasilnya, semua bersih dari Covid-19. Setiap Minggu, peserta menjalani pemeriksaan swab. Namun, hanya sebagian yang telah divaksin. Pihaknya tidak menekan agar seluruh peserta mengikuti vaksinasi.

“Jadi yang penting kondisi tubuh mereka sehat dan fit. Rutin swab. Nanti bisa vaksin setelah upacara,” ucapnya.

Pihaknya mengaku telah berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan (Dinskes) Pamekasan agar peserta paskibra yang belum divaksin dapat mengikuti vaksinasi setelah upacara. Menurutnya, pihak Dinkes Pamekasan telah mengamini, yang terpenting pemeriksaan swab rutin dilakukan setiap Minggu. (ali/maf)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *