Vaksinasi di Bangkalan Sulit Capai Target

  • Whatsapp
(FOTO: KM/HELMI YAHYA) MINIM KESADARAN: Minat masyarakat untuk melakukan vaksinasi di Kabupaten Bangkalan masih rendah.

KABARMADURA.ID, BANGKALAN – Capaian vaksinasi di Kabupaten Bangkalan masih menyentuh di angka 14,98 persen. Rinciannya, untuk vaksin dosis pertama sebanyak 81.681 orang atau 9,9 persen. Sedangkan untuk dosis kedua masih baru mencapai 41.932 atau 5,08 persen. Sehingga, capaian target herd immunity masih jauh yakni sebanyak 708.000 orang dari total masyarakat sekitar 1.070.000 jiwa.

Kepala Seksi (Kasi) Surveilans Dinas Kesehatan (Dinkes) Bangkalan Siska memaparkan, dari data vaksinasi masih banyak masyarakat yang belum percaya dan juga menghendaki untuk menerima vaksin. “Kalau dengan target, tentu masih sangat jauh, makanya capaiannya masih rendah,” ujarnya, Kamis (19/8/2021).

Bacaan Lainnya

Menurutnya, minat vaksinasi masyarakat cenderung naik turun. Apalagi, masyarakat yang posisi tempat tinggalnya berada di pedesaan. Sehingga, masih sulit terjangkau informasi yang valid kebenarannya. “Belum seimbang, meskipun memang yang kami harapkan semuanya sudah mulai menyadari, bahwa vaksin ini aman dan banyak peminatnya,” ucapnya.

Hal senada diungkapkan Kepala Desa (Kades) Tlangoh Kecamatan Tanjung Bumi Qudratul Hidayat. Dia memaparkan, kepercayaan vaksinasi di masyarakat masih minim. Sehingga, jika dibandingkan antara masyarakat yang berani dan yang takut, masih banyak yang takut. “Masyarakat ini banyak yang takut, jadi tidak mungkin bisa dipaksa,” paparnya.

Bahkan, masih banyak kades yang belum percaya dan mau melakukan vaksinasi. Sehingga, hal itu menjadi dasar para warga enggan divaksin. “Kalau pemimpinnya saja tidak mau, tentu masyarakatnya juga tidak akan mau. Karena mereka, sudah termakan isu hoax yang menyatakan vaksin itu berbahaya,” jelasnya.

Sementara itu, Wakil Bupati (Wabup) Bangkalan Mohni mengaku, sudah melakukan imbauan kepada tokoh masyarakat (tomas), seperti kades dan tokoh agama agar bisa mendorong minat masyarakat untuk divaksinasi. Bahkan, semua kades di Bangkalan belum sepenuhnya melakukan vaksinasi.

“Masih ada yang tidak mau dan memang masih ada yang mendapat kelainan dan tidak boleh divaksin.  Saya sudah selalu koordinasikan, karena memang mereka yang diharapkan bisa mendongkrak minat masyarakat untuk melakukan vaksinasi,” responnya. (hel/ito)

Data Vaksinasi Terkini

  • Dosis pertama 81.681 jiwa
    • Atau 9,9 persen
  • Dosis kedua 41.932 jiwa
    • Atau 5,08 persen
  • Capaian 123.613 jiwa
    • Atau 14,98 persen

Target yang Harus Dicapai

  • 000 jiwa
  • Total penduduk
    • 070.000 jiwa

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *