Target Pembebasan Lahan Tanah Bandara Trunojoyo November 2021

(FOTO: KM/IMAM MAHDI) LAMBAN: Pembebasan lahan tanah di Bandara Trunojoyo sampai saat ini masih belum selesai.

KABARMADURA.ID, SUMENEP -Target pembebasan lahan tanah Bandara Trunojoyo tidak sesuai rencana. Pembebasan lahan yang ditargetkan selesai tahun 2020 sampai saat ini belum terealisasikan.

Kepala Bidang (Kabid) Penataan Ruang Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman (DPRKP) dan Cipta Karya (CK) Indra Wahyudi mengatakan, lambatnya pembebasan lahan tanah dikarenakan banyak faktor, persyaratan dan proses yang harus dilalui tidaklah mudah, salah satunya terkait harga yang terkadang tidak sesuai petunjuk teknis.

“Saat ini masih pembentukan tim persiapan, dan proses selanjutnya masih lama,” katanya, Kamis (2/08/2021)

Bacaan Lainnya

Dikatakannya, beberapa tahapan yang harus dilakukan. Yakni, mulai dari pembentukan tim persiapan, pemberitahuan rencana pembangunan, pendataan awal lokasi, konsultasi publik, surat keputusan (SK) penetapan lokasi, pengumuman penetapan lokasi.

“Butuh 3 bulan lagi pembebasan lahan tanah tersebut selesai, insya Allah November sudah free mas,” jelasnya.

Ditambahkannya, untuk pelaksanaan kegiatan yakni, pembentukan tim pelaksana kegiatan, penyiapan pelaksana, inventarisasi fisik dan identifikasi yuridis, penetapan penilaian, musyawarah penetapan bentuk ganti kerugian, pemberian ganti kerugian, serta pemutusan hubungan hukum antara pihak yang berhak dengan objek pengadaan tanah.

“Semuanya akan dilaksanakan secara bertahap,” ucapnya.

Kepala Bidang (Kabid) Sarana dan Prasarana Dinas perhubungan Sumenep Dadang Dedi Iskandar mengatakan, proses perluasan lahan masih menunggu tim appraisal atau seseorang yang melakukan estimasi nilai. Dengan demikian, harga perluasan tanah dapat dilakukan.

“Insya Allah akhir tahun nantinya selesai,” tegasnya.

Sementara itu, Sekretaris Komisi III DPRD Sumenep M. Ramzi mengutarakan, perluasan lahan Bandara Trunojoyo sudah lama dianggarkan. Namun, hingga saat ini tidak kunjung terealisasi sempurna.

“Ini pasti ada yang tidak serius dalam menjalankan program, kami akan terus desak untuk segera dilakukan,” ucap dia.

Politisi Partai Hanura Sejahtera itu menegaskan, perluasan lahan wajib dipercepat. Dinas terkait harus melakukan langkah konkrit.

“Padahal kami sudah mewanti-wanti untuk segera mempercepat perluasan lahan. Namun, seolah OPD (organisasi perangkat daerah) tidak mendengarkan,” ucap pria yang akrab disapa Ramzi itu. (imd/mam)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.