Tes SKD CPNS dan PPPK di Bangkalan Berbayar

(FOTO: KM/ISTIMEWA) Pelaksana Tugas (Plt) BKPSDA Bangkalan Roosli Soelihariyono

KABARMADURA.ID, BANGKALAN -Petunjuk teknis (juknis) tentang pelaksanaan tes standar kompetensi dasar (SKD) calon pegawai negeri sipil (CPNS) dan pegawai pemerintah dengan perjanjian kontrak (PPPK) mulai diumumkan. Salah satunya, peserta harus membawa hasil surat tes antigen dan tes polymerase chain reaction (PCR). 

Bahkan, tes tersebut tidak difasilitasi secara gratis. Melainkan, harus berbayar. Pemerintah daerah hanya memfasilitasi lokasi kepada peserta untuk menyelenggarakan tes antigen. Hal ini diungkapkan Pelaksana tugas (Plt) Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Aparatur (BPKPSDA) Roosli Soelihariyono, Minggu (5/9/2021). 

Menurutnya, setiap peserta harus mengeluarkan biaya sebesar Rp620 ribu. Rinciannya, Rp495 ribu untuk tes PCR dam Rp125 ribu untuk tes antigen. Sedikitnya, ada tiga ruang di satu lokasi untuk dijadikan tempat tes tersebut.“Sudah kami koordinasikan kepada Dinas Kesehatan (Dinkes) untuk menyediakan layanan tersebut di puskesmas maupun rumah sakit,” ujarnya. 

Sesuai petunjuk Badan Kepegawaian Nasional (BKN), peserta juga harus membawa surat vaksin atau sertifikat vaksinasi. Kecuali, peserta yang mempunyai komorbid menjadi penyintas Covid-19 dan ibu hamil (bumil) dengan usia maksimal tiga bulan. Mereka, hanya cukup membawa surat keterangan dokter.

“Kami juga akan siapkan tim tenaga kesehatan (nakes) saat pelaksanaan untuk melakukan tes antigen bagi peserta yang merasakan gejala Covid-19,”  ucapnya.

Disinggung mengenai peserta yang ternyata terinfeksi Covid-19 saat hari pelaksanaan? Pihaknya mengaku, telah menyiapkan ruang khusus. Totalnya, nanti akan ada tiga ruangan pelaksanaan tes SKD, rinciannya dua ruangan untuk peserta yang sehat dan satu ruangan khusus bagi peserta yang terinfeksi Covid-19.

“Jadi, kami tetep memperbolehkan ikut tes untuk peserta yang menjadi pasien Covid-19. Nanti, untuk petugas yang mengawasi pelaksanaan tes SKD akan kami lengkapi dengan alat pelindung diri (APD),” tuturnya. 

Sesuai rencana, akan menempatkan pelaksanaan tes SKD di Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Disperinaker) Bangkalan. Sebelumnya, lokasi tes direncanakan di Gedung Merdeka atau di Sekolah Dasar Negeri Kemayoran 1 Bangkalan. Sebab, lokasi di Dispernaker lebih memenuhi syarat dan mencukupi untuk ribuan peserta yang lolos adminsitrasi.  

“Jika nantinya di Disperinaker belum bisa dipakai, insyaallah kami akan mencari alternatif lain. Semisal, di GOR Sultan Abdul Kadirun . Kami sudah konfirmasi ke pengelola Gedung Merdeka, katanya full untuk kegiatan lainnya. Kalau nantinya lokasi sudah siap, kami pasti umumkan dengan tanggal pelaksanaannya,” janjinya. (ina/ito) 

Juknis Pelaksanaan Tes SKD

  • Peserta harus membawa hasil surat tes antigen
    • Rp125 ribu
  • Peserta harus membawa hasil tes PCR
    • Rp495 ribu
  • Total biaya yang harus dikeluarkan peserta Rp620 ribu
  • Menyiapkan lokasi tes antigen dan PCR

Tinggalkan Balasan