Pemkab Pamekasan Jadikan Pesantren dan Tempat Ibadah sebagai Benteng Utama Pelaksanaan Program Vaksinasi

  • Whatsapp
(FOTO: KM/KHOYRUL UMAM SYARIF) MENUJU KEKEBALAN KELOMPOK: Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan gencar melakukan program vaksinasi di berbagai pesantren. 

KABARMADURA.ID, SUMENEP

Program Vaksinasi Merdeka yang diusung pemerintah pusat menargetkan seribu vaksin tersalurkan setiap harinya. Program tersebut juga serentak dijalankan oleh pemerintah kabupaten/kota se-Indonesia untuk mempercepat herd immunity kekebalan kelompok di tengah warga. Seperti halnya yang program vaksinasi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan di Pondok Pesantren Asy Syafi’iyah Dusun Beltok Desa Larangan. 

Kegiatan vaksinasi yang melibatkan sekitar 600 santri dan warga sekitar itu turut dihadiri sejumlah Forum komunikasi pimpinan daerah (Forkopimda) seperti Kejari Pamekasan Mukhlis, Ketua Komisi I DPRD Pamekasan Imam Hosairi, dan Kapolres Pamekasan AKBP Apip Ginanjar.  Selain itu, kegiatan tersebut juga dipantau langsung secara daring oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo.

Sekretaris Daerah (Sekda) Pamekasan Totok Hartono yang juga hadir dalam acara tersebut menyampaikan, pesantren dan tempat ibadah merupakan salah satu benteng utama dalam menyukseskan vaksinasi secara nasional di Pamekasan. 

“Tujuan vaksin di antaranya; mengurangi angka kesakitan, membentuk kekebalan kelompok, dan menguatkan ekonomi masyarakat,” papar Totok, usai memantau vaksinasi di area Pesantren Asy Syafi’iah,  Selasa (7/9/2021). 

Ia juga mengaku bahwa pihaknya bersinergi dengan sejumlah pihak untuk menggenjot pelaksanaan vaksinasi di kabupaten berjuluk Bumi Gerbang Salam tersebut. Di samping itu, ia menyampaikan, target vaksinasi yaitu 70 persen dari total warga Pamekasan. 

“Untuk capaian vaksinasi, sampai hari berkisar 12 persen lebih. Jadi kami baru terima sekitar seratus ribu sekian vaksin. Maka terus kita kejar untuk mencapai 70 persen dari sekitar 800 ribu  penduduk,” ungkapnya.

Sementara itu, Pengasuh Pondok Pesantren (Ponpes) Asy Syafi’iah KH Ahmad Mahsus Syafi’I menyampaikan, bahwa pihaknya menyambut baik vaksinasi di pondok pesantren. Karena menurutnya, pelaksanaan vaksinasi merupakan ikhtiar mencapai kekebalan kelompok.

“Saya mendukung pemerintah dalam pelaksanaan vaksinasi. Vaksinnya aman dan halal,” tukasnya. (rul/maf

Grafik Vaksinasi 

       Pamekasan menerima sekitar 100 ribu dosis vaksin 

–    Target vaksinasi: 70 persen

–    Capaian vaksinasi: 12 pesen

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *