Belanja Blanko KIA di Sampang Capai Rp600 Juta

  • Whatsapp
(FOTO: KM/FATHOR RAHMAN) TERANCAM HABIS: Sisa blanko pembuatan kartu identitas anak (KIA) di Sampang diprediksi hanya memenuhi pembuatan selama dua hingga tiga bulan kedepan.

KABARMADURA.ID, SAMPANG -Anggaran belanja blanko kartu identitas anak (KIA) mencapai ratusan juta. Namun, ketersediaan blanko di Kabupaten Sampang masih minim. Yakni, tersisa sekitar 2.000 keping. Sesuai perkiraan, persediaan itu hanya memenuhi selama dua hingga tiga bulan. Sedangkan anggaran pengadaan mencapai Rp600 juta.

Dana itu bersumber dari anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) 2021. Hanya saja, sampai saat ini pengadaan blanko belum terealisasi. Terbukti dengan ketersediaan KIA yang masih minim. Bahkan, pemerintah belum memastikan KIA hasil pengadaan yang direalisasikannya.

Bacaan Lainnya

Kepala Dinas Kependudukan dan catatan sipil (Dispendukcapil) Sampang Edi Subinto membenarkan, adanya persediaan KIA yang menipis. Bahkan diakui, jika dalam waktu tiga bulan bisa habis. Sehingga, perlu segera didatangkan blanko tambahan.

“Meski tergolong tipis persediaannya, kami meyakini tidak akan kekurangan. Sehingga semua warga akan dilayani,” ujarnya, Selasa (7/9/2021).

Menurutnya, mengenai pengadaan blanko sudah dilakukan. Namun, barang tersebut belum sampai ke tangan pemerintah. Sehingga minimnya blanko, belum dipastikan akan selesai dalam waktu dekat.

Sedangkan blanko yang akan didatangkan sebanyak 90 ribu keping. Sementara dana belanja sebesar Rp600 juta.  Disinggung mengenai harga satu blanko?, pihaknya menolak memberikan keterangan.

“Pembelanjaan blanko KIA itu, harus perusahaan yang direkomendasi pemerintah pusat,” dalihnya.

Dipastikan, perusahaan penyedia blanko merupakan perusahaan yang jelas legalitasnya. Meskipun anggaran belanja dari pemerintah daerah, namun perusahaan  penyedia berdasarkan rekomendasi pemerintah pusat.

“Kami tidak bisa memastikan kapan blanko datang. Karena kami tidak mengetahui kontraknya. Bahkan, tidak berkoordinasi dengan perusahaan pemenang tender. Kami berharap, blanko datang sebelum sisa yang disini (Sampang red) habis,” tukasnya. (man/ito)

Sumber dan Anggaran Belanja Blanko

  • Rp600 juta
    • APBD tahun 2021
  • Blanko yang akan didatangkan hanya 90 keping
    • Belanja blanko berdasar perusahaan yang ditunjuk oleh pemerintah pusat

 

 

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *