RPJMD 2021-2026 Pemkab Sumenep Prioritaskan Ekonomi

  • Whatsapp
(FOTO: KM/MOH RAZIN) DIRENCANAKAN: Ada 5 poin yang ada di RPJMD Sumenep.

KABARMADUR.ID, SUMENEP -Pembahasan rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) tahun 2021-2026 di Sumenep nampaknya terdapat sejumlah perubahan. Dalam rencana itu, dari beberapa poin prioritas realisasinya lebih kepada peningkatan ekonomi.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Sumenep Yayak Nurwahyudi menjelaskan, poin-poin yang sudah direncanakan bakal dicicil sesuai dengan ukuran kebutuhan dan stabilitas di Sumenep. Namun yang jelas penekannya lebih kepada ekonomi.

Bacaan Lainnya

Dikatakan Yayak, sapaan akrabnya, sekalipun dalam perubahan RPJMD sudah ada gambaran umum, maka pihaknya tetap mengkondisikan dengan kebutuhan di setiap tahun. Salah satunya untuk perbaikan ekonomi.

“RPJMD kan program lima tahun, jadi dari rencana-rencana yang sudah diproyeksikan, sudah ada tema-tema yang akan dikerjakan,” kata Yayak, Rabu (8/9/2021).

Menurutnya, dampak dari Covid-19 telah banyak mengubah sejumlah indikator ekonomi makro. Sementara itu, RPJMD sebagai visi-misi dan target pemerintah kabupaten (pemkab) disusun untuk memberikan solusi setelah datangnya wabah Covid-19.

“Naskah dan dokumen pendukung hampir rampung, tinggal dibahas di provinsi, setelah itu hasilnya diparipurnakan di Sumenep lagi,” jelasnya.

Yayak menyebutkan, ada 5 poin yang menjadi prioritas pembahasan di RPJMD, di antaranya peningkatan indeks pembangunan manusia (IPM), pertumbuhan ekonomi, pengentasan kemiskinan, perluasan wilayah dan pengangguran.

“Nanti yang bakal diutamakan atau didahulukan adalah pertumbuhan ekonomi, karena Covid-19 dampaknya sangat signifikan dalam melumpuhkan sendi-sendi perekonomian,” papar dia.

Kendati demikian, kelima target yang direncanakan itu, tidak serta merta terealisasi secara keseluruhan. Tetapi yang pasti bakal diusahakan semaksimal mungkin. (ara/mam)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *