Gelar Sosialisasi Pengembangan Sumber Daya Pariwisata, Disporapar Pamekasan Harapkan Peran Aktif  Pelaku Ekonomi Kreatif

  • Whatsapp
(FOTO: KM/WIDYPICK FOR KM) DORONG KREATIVITAS: Suasana aula Hotel Berlian saat acara sosialisasi pengembangan sumber daya dan ekonomi kreatif, Kamis (16/9/2021).

KABARMADURA.ID, PAMEKASAN –Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Pamekasan menggelar sosialisasi pengembangan sumber daya pariwisata dan ekonomi kreatif di Hotel Berlian, Kamis (16/9/2021). Sosialisasi dengan tema ‘Mewujudkan Sumber Daya Kreatif Menuju Pamekasan Hebat’ itu diikuti puluhan peserta pelaku objek wisata.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Disporapar Pamekasan, Masrukin menjelaskan, sosialisasi tersebut bertujuan agar para pelaku pariwisata mendapat pengetahuan tentang pengembangan wisata. Dengan acara ini, diharapkan, para pelaku wisata bisa lebih kreatif dalam mengelola pariwisata.

Bacaan Lainnya

“Jadi Disporapar berinisiatif untuk mengembangkan sumber daya pariwisata dalam bentuk sosialisasi,” ucap Masrukin.

Dalam sosialisasi itu, pihaknya mendatangkan pihak Dinas Pariwisata Provinsi Jawa Timur. Peserta diberikan wawasan mengenai industri pariwisata. Selain itu,  dari Dinas Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Ketenagakerjaan (DPMPTSP Naker) Pamekasan  juga didatangkan untuk memberi wawasan mengenai perizinan.

Masrukin berharap, seluruh pelaku objek wisata dapat meramu objek wisata sekreatif mungkin. Tujuannya agar pengunjung wisata  merasakan kepuasan dan keindahan objek wisata. Pihaknya berharap, pelaku ekonomi kreatif bisa mengambil peran di masing-masing objek wisata dengan menawarkan sesuatu berbau simbol wisata itu sendiri.

“Wisata itu hambar kalau tidak ada oleh-olehnya,” ucapnya.

Pihaknya sendiri mengaku siap menyiapkan fasilitas pariwisata yang dibutuhkan. Kerja sama dalam hal pariwisata dibangun dengan tiga pihak; Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan dalam hal ini Disporapar, kelompok sadar wisata (pokdarwis), dan pemerintah desa (pemdes) setempat.

Selain itu, seluruh pokdarwis dan pelaku pariwisata  diminta  mengoptimalkan  media sosial (medsos) dan website yang sudah ada. Sebab menurutnya, kemajuan wisata juga memerlukan promosi melalui media. Penawaran keindahan pariwisata Pamekasan dinilai akan efektif melalui website dan medsos.

“Alhamdulillah, pariwisata di Pamekasan ini semakin berkembang,” ucap Masrukin.

Reporter: Ali Wafa

Redaktur: Muhammad Aufal Fresky

 

 

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *