Target 5 Bulan, 43 Proyek Rehab SD di Bangkalan Tuntas

  • Whatsapp
(FOTO: KM/HELMI YAHYA) RUSAK: Salah satu sekolah dasar (SD) di Bangkalan membutuhkan perbaikan demi menunjang peningkatan mutu pendidikan.

KABARMADURA.ID, BANGKALAN– Proyek rehabilitasi Gedung sekolah dasar (SD) membutuhkan pengawasan bersama. Terutama, perbaikan yang bersumber dari dana alokasi khusus (DAK) 2021. Sedikitnya, terdapat 43 proyek pembangunan di 34 SD yang mengajukan perbaikan dengan skala kerusakan sedang hingga berat.

Kepala Bidang (Kabid) Pembinaan SD Disdik Bangkalan Dewi Ega, mengatakan jumlah pekerja lebih banyak dibandingkan total sekolah yang mengajukan. Sebab, satu sekolah tidak hanya mengajukan satu pekerjaan fisik. Melainkan, ada sekolah yang memang mengajukan beberapa rehab gedung. Sedangkan untuk anggaran keseluruhan mencapai Rp14 miliar dari DAK.

“Seperti pembangunan ruang kelas baru (RKB) dan juga fasilitas lainnya, misal perbaikan musala dan juga toilet. Ada banyak jenis pembangunan, tapi penerimanya hanya 34 sekolah,” ujarnya, Selasa (21/9/2021).

Ega menyebutkan, dari 34 sekolah itu hampir semua kecamatan mendapatkan proyek rehabilitasi gedung. Seperti di area kota, rehab Gedung SDN Pejagan 5, Gedung SDN  Kraton 5, dan SDN Pejagan 2. “SDN lain kemungkinan juga sama, seperti rehab RKB dan rehab gedung lainnya di sekolah,” ucapnya.

Menurutnya, proses pengerjaan sudah dilakukan dengan surat perintah kerja yang terbit bulan Juli 2021 dengan target pengerjaan proyek 150 hari atau 5 bulan. Diharapkan, proses pembangunan bisa sesuai dengan rencana. Baik dari pemilihan bahan, kualitas pembangunan, dan juga masa pengerjaan.

“Sekarang sudah dalam masa pengerjaan dan harus selesai sebelum akhir tahun 2021. Saya harap, semua disesuaikan. Karena program ini murni sebagai peningkatan mutu pendidikan,” ucapnya.

Ega mengajak, agar masyarakat dan juga korwil turut mengawasi bersama proses pengerjaan. Sebab, anggaran yang diterima setiap sekolah merupakan dana dari masyarakat yang menang perlu diawasi bersama. “Mari awasi bersama, agar pembangunan sesuai dengan rencana,” ajaknya.

Reporter: Helmi Yahya

Redaktur: Totok Iswanto

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *