Sisi Lain Fullback Madura United Novan Setya Sasongko

  • Whatsapp
(FOTO: NOVAN FOR KM) NGE-VLOG: Fullback Madura United Novan Setya Sasongko mengelola akun youtube.

KABARMADURA.ID – Dunia videografi sudah mulai digandrungi saat ini, terutama kalangan millennial. Itu seiring dengan maraknya media sosial (medsos) seperti youtube, instagram, dan yang lainnya. Salah satu yang juga menyukai ialah fullback Madura United Novan Setya Sasongko.

SYAHID MUJTAHIDY, BANDUNG

Bacaan Lainnya

Bek sayap bernomor punggung 26 itu menceritakan, dirinya sudah suka dengan dunia videografi sejak tahun 2016. Awalnya, dia senang menyaksikan video blogging (vlog). Sebab, dia kerap kali menghabiskan waktu untuk nonton youtube.

Saat ketertarikannya muncul, mantan pemain Persela Lamongan ini mulai berminat untuk belajar editing video. Dia mengasah diri secara mandiri melalui menonton tutorial di youtube. Seiring berjalannya waktu, dia mahir dengan menggunakan aplikasi filmora di laptop.

Ketika sudah bisa editing video, Novan mulai belajar percaya diri untuk nge-vlog, tepatnya saat jalani laga tandang bersama timnya. Terkadang, dia lakukan saat liburan bersama keluarganya di tengah-tengah masa istirahat kompetisi domestik Indonesia.

Tidak sebatas serius mengasah kemampuan editing video dan percaya diri nge-vlog, melainkan dia juga membeli fasilitas pendukung lainnya akan kualitas gambar bagus, ialah membeli kamera. Saat ini, dia memiliki kamera mirrorless Canon, action cam, dan drone.

“Sejak tahun 2016, sering lihat di youtube. Pernah nonton vlog, jadi kok kelihatannya seru. Akhirnya, sambil belajar-belajar edit video. Lalu, saat pertandingan away, iseng-iseng, aku nge-vlog. Kalau libur kompetisi, aku liburan, juga sambil nge-vlog,” curhatnya kepada Kabar Madura, Selasa (21/9/2021).

Novan memilih mengabadikan karya editing videonya dengan menga-upload ke medsos youtube. Sebab, selain tidak akan hilang, medsos jenis itu sudah banyak digandrungi lantaran bisa menghasilkan uang melalui google adsense.

Redaktur: Mohammad Khairul Umam

 

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *