Diskominfo Pamekasan Targetkan Alumni DEA Jadi Pionir Percepatan Digitalisasi Usaha

  • Whatsapp
ANTUSIAS: Peserta pelatihan digital entrepreneurship academy (DEA) mengikuti rangkaian kegiatan pelatihan yang digelar Diskominfo Pamekasan.

KABARMADURA.ID, PAMEKASAN -Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Pamekasan memiliki target besar dalam pelaksanaan pelatihan digital entrepreneurship academy (DEA) yang dilaksanakan mulai tanggal 21-22 September 2021.

150 orang yang mengikuti pelatihan hasil kerja sama dengan Balai Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian (BPSDMP) Kominfo Jawa Timur tersebut, ditarget bisa menjadi pionir percepatan digitalisasi usaha di Pamekasan.

Kepala Bidang Pengelola Media dan Komunikasi Publik Diskominfo Pamekasan Arif Rachmansyah menjelaskan, perkembangan zaman digital harus diimbangi dengan sumber daya manusia (SDM) yang handal.

Melalui pelatihan digital yang dilakukan, pihaknya berharap, SDM di Pamekasan mampu menjawab tantangan zaman, serta mampu bersaing dengan masyarakat digital di luar daerah.

“Targetnya, Pamekasan menjadi pionir percepatan digitalisasi usaha. Makanya, kami akan memperbanyak pelatihan digital,” ungkapnya, Rabu (22/9/2021).

Pihaknya menjelaskan, kegiatan pelatihan digital bersama Kementerian Kominfo tersebut, sejatinya sudah dilaksanakan sejak tahun 2020 lalu. Dirinya menegaskan, pelatihan itu akan berkelanjutkan hingga tahun 2022 mendatang. Tentu dengan evaluasi dan perbaikan agar out put pelatihan itu sesuai harapan.

Menurutnya, pelatihan tahap pertama di tahun 2021 ini, mengusung dua tema yang dilakukan secara offline dan terbatas. Pertama, “Memulai Berwirausaha Secara Digital”. Kemudian yang kedua, “Mengelola Keuangan, Akses Permodalan, dan Digital Marketing”..

“Sementara untuk tahap berikutnya akan dilaksanakan secara online dengan jumlah peserta yang lebih besar,” terangnya.

Lebih lanjut, Arif (sapaan Arif Rahman Syah) mengatakan, pelatihan yang saat ini berlangsung, merupakan hasil evaluasi dari pelatihan yang dilakukan sebelumnya. Ia mengapresiasi semangat para peserta yang antusias mengikuti pelatihan.

Selain itu, lanjut dia, pelatihan usaha digital ini selaras dengan program wirausaha baru (WUB) Pemkab yang akan memfasilitasi para peserta di bidang pemasaran secara online.

“Alhamdulillah, UMKM yang ikut antusias. Apalagi tahun sekarang banyak sekali. Karena mungkin pelatihan seperti ini sangat dibutuhkan,” pungkasnya.

 

Reporter: Miftahul Arifin

Redaktur: Muhammad Aufal Fresky

 

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *