oleh

75 Jenazah PMI Asal Madura Tidak Bisa Dipulangkan

Kabarmadura.id/Sampang-Sebanyak 75 jenazah Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang berada di Negara Malaysia tidak bisa dipulangkan ke kampung halamannya. Pasalnya, tidak bisa dipulangkan tersebut akibat adanya wabah Covid-19, sehingga berdampak pula pada jadwal penerbangan ke Negara Indonesia.

Sebagaimana yang disampaikan oleh Kasi Penempatan Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Dinas Koperasi dan Tenaga Kerja (Diskumnaker) Sampang, Agus Sumarso, pada tanggal (14/9) jenazah PMI yang ada di Malaysia sudah mencapai 75 jenazah, jumlah tersebut berasal dari pulau Madura.

Ditambahkan, puluhan jenazah PMI tersebut hingga saat ini tidak bisa dipulangkan. Sebab, tidak ada jadwal penerbangan dari Negara Malaysia ke Negara Indonesia. Adapun PMI tersebut terakumulasi dari empat kabupaten yang ada di pulau Madura.

“PMI yang meninggal itu lama, cuma kemarin dapat informasi sudah ada 75 jenazah yang tidak bisa dipulangkan, untuk rincian yang dari Sampang belum dilakukan pendataan,” ungkapnya, Rabu (16/9/2020).

Selain itu, untuk dapat memulangkan jenazah PMI yang ada di Malaysia tersebut, pihaknya sudah berupaya dengan catatan pengirim surat permohonan pemulangan ke Konsulat Jenderal atau Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) yang ada di Kuala Lumpur, akan tetapi hingga saat ini belum ada respon.

Dikatakan Agus, adapun untuk PMI dari Malaysia yang diturunkan di Bandara Jakarta, pihaknya menuturkan jika anggarannya penjemputan sudah habis. Sehingga, keluarga atau ahli waris haru biaya secara mandiri.

“Surat permohonan sudah kami kirim, untuk pemulangannya dari Bandara Juanda Surabaya ke kampung halamannya akan dibantu oleh Pemerintah Sampang, dan tanggal 24 ini ada satu jenazah berasal dari Kecamatan Karang Penang bisa dipulangkan,” pungkasnya, (mal/mam).

Komentar

News Feed