BUMDes Permata Desa Pangarengan Konsisten Hasilkan PADes

  • Whatsapp
(FOTO: KM/ IST FOR KM) BERGELIAT: Berbagai unit usaha yang dijalankan BUMDes Permata Desa Pengarengan, Kecamatan Pengarengan, Sampang, mulai menghasilkan PADes

KABARMADURA.ID, SAMPANG-Salah satu Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di Sampang yang sudah mampu menyetor pendapatan (PADes) dari berbagai usaha yang jalankan. Seperti halnya BUMDes Permata Desa Pengarengan, Kecamatan Pangarengan.

BUMDes Permata bergerak di berbagai jenis usaha dengan menggandeng anggota masyarakat yang memiliki usaha agar mutu usahanya meningkat dan akses pemasarannya semakin luas. Selain itu, BUMDes Permata juga menyediakan berbagai fasilitas kepada warga yang membutuhkan.

Ketua BUMDes Permata Mahfud Harianto mengatakan, BUMDes Permata sudah berdiri sejak tahun 2015 dan revitalisasi dan kegiatan usahanya aktif pada tahun 2016. 

Adapun usaha yang dijalankan terdapat tiga jenis. Pertama, usaha simpan pinjam. Kedua, usaha persewaan fasilitas, berupa kandang pembiakan burung, kerekan burung perkutut, dan lapangan futsal.. Ketiga, usaha yang sedang dirintis saat ini berupa bengkel las listrik.

“Kita laporan pada akhir 2016 sudah bisa menyetor PADes meskipun jumlah sedikit. Seiring berjalannya waktu, terus mengalami kemajuan. Kita sudah lima tahun konsisten hasilkan PADes, setiap tahun bisa setor Rp3 – 4 juta,” ungkapnya..

Ia menambahkan, semua BUMDes itu mendapatkan penyertaan modal dari desa secara bertahap, semisal bantuan modal untuk usaha persewaan fasilitas, BUMDes mendapatkan bangunan lapangan futsal, dan lain sebagainya.

“Hadirnya BUMDes ini murni untuk membantu masyarakat dengan menyediakan fasilitas untuk berusaha, semisal usaha burung dan lainnya,” ulasnya.

Sambung Mahfud, BUMDes Permata juga melakukan kegiatan rintisan yang pada saat ini dalam tahap persiapan, yakni usaha wisata mangrove, wisata kuliner apung, wisata garam, wisata desa, dan wisata edukasi ternak burung perkutut.. 

Reporter: M. Subhan

Redaktur: Muhammad Aufal Fresky

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *