Produksi Selai Melon dengan Higienis, KWT Napote Fruits Pasarkan ke Jawa

  • Whatsapp
(FOTO: KM/FATHOR RAHMAN ) INOVATIF: Kelompok Wanita Tani (KWT) Napote Fruits mengembangkan usaha pertanian dengan memproduksi buah melon menjadi selai melon.

KABARMADURA.ID | SAMPANG– Kelompok Wanita Tani (KWT) Napote Fruits, Kecamatan Sokobanah terus melakukan inovasi meningkatkan ekonomi masyarakat. Salah satunya dengan memproduksi selai melon yang dibuat secara higienis. 

Kelompok itu beranggotakan ibu-ibu rumah tangga. Mereka dilatih untuk memproduksi selai melon sebagai inovasi baru olahan melon. Hasil produksinya juga dipasarkan ke Pulau Jawa.

Pembina KWT Napote Fruits, Mahfudh mengungkapkan, buah melon di wilayahnya tidak hanya bisa dinikmati buahnya. Melalui kelompok tersebut, beberapa buah dikembangkan menjadi produk yang higienis.

“Selai melon ini masih tergolong langka. Makanya kami berinisiatif membuatnya. Sehingga berhasillah diproduksi selai melon yang menjadi pilihan pecinta buah melon, ” ucapnya. 

Dia menjelaskan,  selai melon diproses langsung dari buah melon segar yang baru petik. Kemudian diblender sampai halus. Kemudian diproses sampai menjadi selai melon. Menurutnya, selai melon napote fruits dibuat tanpa bahan pengawet. Sehingga tidak mengurangi keaslian sari melon, dan bisa dikonsumsi semua kalangan.

“Selai ini sangat terasa aroma melonnya. Karena kami memang tidak menggunakan bahan perasa. Murni dibuat dari buah melon. Karena  kami menanam melon sendiri ” ucapnya. 

Dia mengungkapkan, jika semua perizinan produk sudah selesai dilakukan, hasil produksi akan dipasarkan lebih luas. Bahkan, saat ini sebagian produk Napote Fruits berlabel halal. Selanjutnya, produksi akan dipasarkan lebih meluas. Bahkan sebagian produk Napote Fruits sudah berlabel halal. 

“Untuk sementara kami banyak memasarkan di pasar lokal. Meskipun sebagian di luar Madura. Karena banyak pengunjung ke pertanian melon membelinya,” katanya.

Ia menambahkan, bahwa selama ini ada banyak permintaan. Sebab itu, banyak warga setempat yang direkrut menjadi anggota KWT Napote Fruits. 

Reporter: Fathor Rahman

Redaktur: Muhammad Aufal Fresky

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *