KPM Simpati Lansia di Pamekasan Tergraduasi 26 Orang

  • Whatsapp
(FOTO: KM/ALI WAFA) BERKURANG: Jumlah KPM Simpati Lansia berkurang dari 400 orang menjadi 374 orang sebab ada yang meninggal dunia dan pindah domisili.

KABARMADURA.ID | PAMEKASAN Keluarga Penerima Manfaat (KPM) program Simpati Lanjut Usia (Lansia) berkurang. KPM Simpati Lansia total jumlahnya sebanyak 400 orang. Namun, kini jumlah KPM tersebut berkurang menjadi 374 orang. Berkurangnya jumlah KPM itu karena 25 orang lansia meninggal dunia dan satu di antaranya berpindah domisili.

Informasi tersebut diungkapkan oleh Penanggung Jawab Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Dinas Sosial (Dinsos) Pamekasan Mohammad Andi Purwanto. Kendati jumlah KPM Simpati Lansia berkurang, pihaknya tidak akan menambah KPM hingga tutup anggaran. Sisa anggaran dari berkurangnya jumlah KPM akan dikembalikan ke kas daerah.

Anggaran untuk program Simpati Lansia pada tahun 2021 sebesar Rp2,8 miliar dengan sasaran 400 lansia di Pamekasan. Masing-masing lansia mendapatkan bantuan makanan siap saji dan diantar ke kediaman KPM. Dalam sehari, masing-masing KPM menerima dua kali makanan senilai Rp35 ribu.

“Anggaran itu kalau dibagi ke setiap orang maka masing-masing KPM mendapat bantuan senilai Rp7 juta,” ucap Andi.

Andi menambahkan, karena keterbatasan anggaran pihaknya tidak bisa menambah jumlah KPM. Bahkan, pada anggaran tahun 2022, KPM Simpati Lansia dipastikan tetap berjumlah 400 orang. Namun, KPM yang meninggal dan berpindah domisili akan digantikan oleh KPM lain yang sebelumnya telah diusulkan oleh masing-masing desa.

Andi mengungkapkan, jumlah lansia di Pamekasan berdasar pada usulan masing-masing desa sekitar 4.000 orang. Dari seluruh lansia itu dilakukan verifikasi untuk bisa terdaftar sebagai KPM Simpati Lansia. Beberapa syarat harus dipenuhi. Saat ini, baru 700 lansia yang telah memenuhi syarat untuk menjadi KPM Simpati Lansia.

“Tapi karena keterbatasan anggara,  kami hanya bisa mengakomodasi 400 orang KPM,” tambah Andi.

Jumlah Lansia di Pamekasan: sekitar 4.000 orang

Lansia Memenuhi Syarat: sekitar 700 orang

Penerima Simpati Lansia: 400 orang

KPM Meninggal Dunia: 25 orang

KPM Pindah Domisili: 1 orang

 

Anggaran Simpati Lansia: Rp2,8 Miliar

Anggaran per KPM: Rp7 juta

Nilai Bantuan per Porsi: Rp17.500

Nilai Bantuan per Hari: Rp35 ribu

 

Reporter: Ali Wafa

Redaktur: Muhammad Aufal Fresky

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *