Gandeng Investor, Terobosan Nyata PDAM Bangkalan Tingkatkan PAD

  • Whatsapp
(FOTO: HUMAS PEMKAB FOR KM) BERKEMAJUAN: PDAM Bangkalan optimistis bisa meningkatkan PAD dengan menggandeng investor.

KABARMADURA. ID | BANGKALAN – Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Sumber Sejahtera Bangkalan terus berinovasi. Terutama dalam meningkatkan pelayanan dan peningkatan pendapatan asli daerah (PAD).

Terobosan tersebut diwujudkan dengan menggandeng investor. Pada Senin kemarin (8/11/2021), PDAM melakukan Memorandum of Understanding (MoU) atau nota kesepahaman dengan investor.

Penandatanganan MoU dengan PT Sinergi Muda Investama itu dilakukan langsung oleh Bupati Bangkalan Abdul Latif Amin Imron.

Pelaksana Tugas (Plt) Direktur PDAM Sumber Sejahtera Joko Supriyono mengungkapkan, dalam MoU tersebut disepakati akan merencanakan pembelian air minum atau air bersih di Pelabuhan Tanjung Jati.

“Pihak ketiga menghendaki ingin melakukan pembelian air dari PDAM kami,” ujar Joko Supriyono usai mendampingi Bupati Bangkalan melakukan teken MoU.

Untuk mengatur teknis pembelian itu, pihaknya menyetujui agar diatur dan dituangkan dalam bentuk surat kerja sama. Dengan kata lain, PDAM sebagai pihak pertama yang memiliki sumber daya air, akan melakukan penjualan kepada PT Sinergi Muda Investama.

“Sedangkan pihak ketiga akan dijual kembali di perkapalan yang ada di pelabuhan,” terangnya.

Dalam MoU juga akan diatur tata cara pembelian, penjualan, dan pihak ketiga yang akan menyediakan sarana serta prasarana secara mandiri. Sebab, PDAM Sumber Sejahtera hanya memiliki kewenangan sampai bibir pantai selat Madura.

“Mau ditarik ke arah laut, nanti kewenangan pihak ketiga. Baik perizinan dan lainnya sama, kewenangan PT Sinergi Muda Investama,” jelasnya mengenai teknis tersebut.

Kerja sama tersebut diakui lelaki yang juga menjabat sebagai Kepala Inspektorat ini, tiada lain untuk meningkatkan sektor PAD. Pihak ketiga tersebut menurut Joko, merupakan perusahaan yang melayani persediaan air.

“Sebenarnya sebelum ini, kami juga sudah melakukan kerja sama dengan beberapa pihak Kecamatan Kamal. Ini kami menambah saja,” tuturnya.

Sementara itu, Bupati Abdul Latif Amin Imron mengaku sangat mengapresiasi MoU yang dilakukan tersebut. Hal tersebut dipandang sangat perlu selagi masih dalam koridor yang benar. Untuk itu, diharapkan kepada kedua belah pihak agar melakukan yang terbaik.

“Apapun langkah yang dilakukan kedua belah pihak, selagi sama-sama mendukung dalam pembangunan,kami akan selalu mensupport penuh,” responnya.

Reporter: Fain Nadofatul M.

Redaktur: Hairul Anam

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *