Rencana Pengadaan Mobil Perpusling Kepulauan di DPK Sumenep Berakhir Kandas

  • Whatsapp
(FOTO: KM/IMAM MAHDI) PUPUS: Pengajuan dana pada PAK untuk mengadaan mobil perpustakaan keliling gagal terlaksana.

KABARMADURA.ID | SUMENEP -Pengadaan mobil perpustakaan keliling (perpusling) kepulauan berakhir kandas. Sebab, rencana pengadaan yang diajukan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Sumenep pada perubahan anggaran kegiatan (PAK) ditolak.

Anggota Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sumenep Sami’oeddin mengatakan, perpustakaan di kepulauan masih tertinggal. Untuk pengajuan mobil perpusling  tahun ini yang sudah diperjuangkan di PAK tidak masuk daftar disetujui.

Bacaan Lainnya

“Pengajuan anggaran senilai Rp400 juta gagal terlaksana. Insya Allah tahun berikutnya dapat diterima. Masih banyak kebutuhan yang lebih mendesak,” katanya, Senin (8/11/2021).

Dikatakannya, pengadaan mobil perpusling sangatlah penting, terutama di kepulauan. Sebab, selama ini untuk fasilitas baca seperti perpustakaan umum belum ada.

“Jika tahun ini gagal, maka tahun berikutnya wajib ada,” ucap dia.

Sementara itu, Kepala DPK Sumenep Ahmad Masuni mengakui, pengajuan mobil perpusling senilai Rp400 juta saat ini gagal, hal itu karena belum disetujui oleh pihak legislatif.

“Ada program yang lebih dianggap prioritas seperti jalan, sehingga gagal terlaksana,” ujarnya.

Dilanjutkan, karena pengajuan mobil perpusling tahun 2021 gagal,  maka pada tahun berikutnya diusahakan terpenuhi. Sebab, mobil perpusling sifatnya sangat mendesak dan dibutuhkan oleh masyarakat kepulauan.

“Butuh kerja keras dari semua elemen agar pengajuan diterima. Harapannya, anak-anak lebih menyukai membaca dari segala macam godaan yang tidak berfaedah,” tuturnya

Ia meyakini, berkembangnya perpustakaan di desa dan sekolah daerah kepulauan Sumenep mampu mendorong generasi muda semakin gemar membaca buku. Selain itu, sebagai upaya agar ada kesetaraan fasilitas baca untuk kepulauan.

“Kami berharap ke depan buku bisa hadir di mana saja dan dibaca warga di setiap kesempatan sehingga bisa menambah wawasan dan pengetahuan,” tukasnya.

 

Reporter: Imam Mahdi

Redaktur: Mohammad Khairul Umam

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *