Mengenal Atlet Pencak Silat Pagar Nusa UTM Amalia Hariyanti

  • Whatsapp
(FOTO: KM/HELMI YAHYA) BERPRESTASI: Sejumlah penghargaan yang diraih Amalia Heriyanto atlet pencak silat Pagar Nusa Universitas Trunojoyo Madura (UTM) cukup membanggakan.

KABARMADURA.ID | Keahlian yang dimiliki oleh Amalia Hariyanti saat ini, bukan sesuatu yang mudah diperoleh dengan hanya mengikuti latihan rutin sebagai anggota Pencak Silat Pagar Nusa. Sebab, prestasi yang sudah disandang cukup membanggakan. Bahkan dilibatkan dalam sebuah pembuatan film di Indonesia.

Helmi Yahya, Bangkalan

Keinginan perempuan yang masih mengenyam pendidikan di Universitas Trunojoyo Madura ini bergelut dengan dunia pencak silat hanya sekedar coba-coba dan ikut teman dekatnya. Namun tindakan tersebut menjadi peran penting bagi perempuan yang akrab disapa Aam.

Sebab dari awalnya yang sekedar mencoba, malah mulai memiliki rasa cinta pada dunia pencak silat. Usai memasuki dunia pencak silat Pagar Nusa, Aam mengaku merasakan kenyamanan dan kecocokan dalam salah satu olahraga fisik tersebut. Selain mengetahui upaya bela diri, juga merasakan adanya hubungan keluarga yang bisa membuatnya lebih percaya diri dalam melakukan tindakan.

Bagi Aam, prestasi yang dihasilkan bukan hanya berasal dari keteguhan saat latihan. Bahkan bukan juga dari niat untuk mencapai tujuan, tetapi karena ikhlas mengikuti setiap proses yang sudah diberikan di setiap latihan. “Kalau masuk sebuah organisasi dengan mematok pada tujuan tertentu, ada kemungkinan akan hilang setelah tujuannya tercapai,” ujarnya, Selasa (9/11/2021).

Aam juga mengaku, meskipun telah merasa nyaman berada di dalam organisasi pencak silat, belum ada keinginan untuk mencapai dan memenangkan suatu kompetisi. Tetapi faktanya, hingga saat ini sudah banyak prestasi yang telah dicapai, baik dari regional hingga nasional. “Sejak masuk, tidak ada target dan tujuan apapun, mungkin karena rasa nyaman ini,” paparnya.

Baginya, semua prestasi yang telah dicapai bukan hanya karena upayanya sendiri, melainkan juga berkat dari guru dan teman-teman atlet yang menemaninya. Sebab, setiap atlet memang sudah seharusnya memiliki sifat saling menghormati satu sama lain. “Belajar pada ilmu padi, semakin dia berisi, maka semakin dia menunduk, semoga semua atlet juga memiliki pikiran begitu,” harapnya.

Selain itu, berkat konsistennya berlatih di Pagar Nusa, Mahasiswa yang sedang melakukan riset Semester 7 di Prodi Ilmu Kelautan, Fakultas Pertanian, Universitas Trunojoyo Madura tersebut, juga dilibatkan dalam sebuah produksi film di Indonesia. Yakni, membawa cerita sebagai seorang atlet pencak silat.

“Saat ini saya juga terlibat di salah satu produksi film, tapi saya belum mau mengumumkannya, biar nanti lebih istimewa,” tuturnya dengan raut muka penuh senyum.

Prestasi yang Berhasil Diraih Amalia Hariyanti

  • Best Performance Of Group Female (TAFISA World Sport for All Games 2016)
  • Juara 1 Ganda Putri Kejuaraan Nasional (PSNU PN 2016)
  • Best Performance of Double Female (World Pencak Silat Open Festival 2019)
  • Juara 1 Perorangan Putri Kejuaraan Daerah (PSNU 2019)
  • Juara 1 Berkelompok Festival Pencak Silat Tradisional (KOMSOS 2020)
  • Juara 1 Perorangan Putri Festival Pencak Silat Virtual Nasional (UIN Malang 2020)

Redaktur: Totok Iswanto

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *