Ratusan ASN di Bangkalan Emban Tugas Baru

  • Whatsapp
(FOTO: KM/FA'IN NADOFATUL M.) MUTASI: Ratusan eselon III hingga V di Bangkalan harus dimutasi untuk perbaikan kinerja.

KABARMADURA.ID | BANGKALAN -Sebanyak 134 Aparatur Sipil Negara (ASN) eselon III hingga IV menerima tugas baru. Sebab mereka harus mengikuti promosi, rotasi dan mutasi jabatan. Rinciannya, 76 ASN memperoleh promosi jabatan, 58 lainnya dirotasi atau dipindah tugaskan ke instansi lain. Dari langkah tersebut, masih menyisakan empat organisasi perangkat daerah (OPD) dijabat Plt.

Plt Kepala Badan Kepegawaian dan Pengambangan Sumber Daya Aparatur (BKPSDA) Bangkalan Roosli Soelihariyono mengatakan, saat ini untuk empat OPD masih tahap pendataan atau pendaftaran (Assessment) calon kepala dinas (Kadis) definitif yang akan mengisi kekosongan tersebut. Masing-masing, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), Dinas Perindustrian dan Ketenagakerjaan (Dispernaker) serta  Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) dan BKPSDA Bangkalan.

“Akhir Desember tuntas, tahun 2022 akan kami isi. Saat ini masih tahap pengumpulan siapa saja yang mau ikut, nanti hasil asesment pasti kami akan umumkan,” janjinya, Rabu (10/11/2021).

Sedangkan mutasi yang dilakukan di Pendopo Agung merupakan hasil usulan dari masing-masing OPD. Mutasi jabatan mulai dari lurah, sekretaris hingga kepala sub bagian (kasubag). Tergantung pengajuan yang dilakukan instansi. Biasanya, pengajuan mutasi lantaran tidak ada kepuasan hasil kinerja ASN. Sehingga perlu perbaikan kinerja hingga pengisian jabatan yang kosong akibat ditinggal pensiun.

“Kalau pastinya alasan rotasi dari instansi, yang tau hanya masing-masing OPD. Kami hanya menerima usulan saja, kalau promosikan sudah pasti kenaikan jabatan entah kinerjanya memang bagus atau untuk mengisi kekosongan yang ada,” jelasnya usai melantik 134 ASN.

Sementara itu, Bupati Bangkalan Abdul Latif Amin Imron mengungkapkan, mutasi jabatan merupakan perombakan. Khususnya posisi sekretaris di beberapa instansi, mulai Inspektorat, BKPSDA dan OPD lainnya. Hampir semua OPD mengalami perombakan posisi jabatan. “Selain itu, karena memang mengisi kekosongan yang ada di masing-masing OPD. Kami roling untuk penyegaran di masing-masing OPD,” responnya.

Setelah mutasi ratusan jabatan, lelaki yang kerap disapa Ra Latif tersebut berjanji akan segera mengisi kekosongan yang ada di empat OPD yang saat ini masih dijabat Plt atau eselon II. Pihaknya telah membentuk tim panitia seleksi (pansel) dan telah melakukan pemberitahuan kepada Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN).

“Kami masih tunggu informasi dari KASN, selama kekosongan ini alhamdulillah tidak hambatan. Kami tunggu secepatnya, Desember ini,” tegasnya.

 

Reporter: Fain Nadofatul M.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *