Penertiban Parkir Liar di Pasar Kedungdung Sampang Terabaikan

  • Whatsapp
(FOTO:  KM/SUBHAN) BUTUH DITERTIBKAN: Keberadaan parkir liar di bahu jalan  kawasan Pasar Kedungdung Sampang menjadi penyebab terjadinya kemacetan.

KABARMADURA.ID | SAMPANG -Upaya penertiban parkir kendaraan di kawasan Pasar Kecamatan Kedungdung Sampang harus ditingkatkan. Sebab kondisi parkir kendaraan hingga meluber ke bibir jalan. Sehingga menyebabkan terjadinya kemacetan lalulintas di sepanjang jalan depan Pendopo Kecamatan, Puskesmas Kedungdung hingga depan pasar sebelah selatan.

“Keberadaan parkir di sekitar pasar ini hampir mayoritas memakan bahu jalan, padahal tidak diperbolehkan. Kami minta segera ditertibkan, karena ini penyebab terjadinya kemacetan di kawasan Pasar Kedungdung ini,” keluh Sofyan salah seorang pengunjung pasar, Minggu (14/11/2021).

Dia menuturkan, memarkir kendaraan di sembarang tempat, seperti di bahu jalan tanda peringatan bisa berpotensi menyebabkan kecelakaan. “Entah kenapa, petugas parkir malah mengarahkan kendaraan untuk diparkir di bahu jalan, padahal jelas tidak diperbolehkan dan melanggar UU yang berlaku. Kami menduga jangan-jangan ada keuntungan pribadi dibalik parkiran sembarangan ini,” ungkapnya.

Untuk itu, Sofyan meminta pemerintah daerah melalui organisasi perangkat daerah (OPD) terkait agar segera melakukan upaya penertiban. Sehingga parkir kendaraan lebih tertata dan tidak mengganggu pengguna jalan lainnya yang menyebabkan kemacetan di kawasan tersebut. “Harus segera disikapi dan ditertibkan, terlebih pemkab harus menyiapkan lahan parkir yang memadai, sehingga tidak sampai menggunakan bahu jalan yang bisa menyebabkan kemacetan,” pintanya.

Menanggapi hal itu, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Sampang Aji Waluyo menerangkan, tempat parkir di kawasan Pasar Kedungdung yang sudah memiliki surat ijin baru satu lokasi, yakni hanya di depan pasar. Sedangkan lokasi lainnya, kemungkinan hanya membantu atau ada kerjasama. Dirinya juga membenarkan, jika memarkir kendaraan hingga ke bahu jalan melanggar aturan yang berlaku.

Semestinya petugas parkir bisa merapikan penempatan parkir. Sehingga tidak sampai mengganggu pengguna jalan yang lain dan menjadi penyebab kemacetan. “Tentu akan segera kami sikapi agar tidak menyebabkan kemacetan lagi. Dalam waktu dekat ini, kami akan panggil petugas parkir yang bersangkutan untuk dilakukan pembinaan dan diberi peringatan,” janjinya.

Reporter: M. Subhan

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *