Distributor Dicurigai Jual Pupuk Bersubsidi ke Poktan

  • Whatsapp
(FOTO: KM/AKIWAFA) LEBIH MAHAL: Seorang anggota poktan di Desa Kertagenah Daya membeli pupuk bersubsidi kepada distributor.

KABARMADURA.ID | PAMEKASAN -Praktik jual beli pupuk antara distributor dengan kelompok tani (poktan) diduga terjadi di Desa Kertagenah Daya, Kecamatan Kasur. Hal itu diketahui setelah salah satu anggota poktan di desa Kertagenah Daya berinisial B mengeluh karena pupuk bersubsidi yang dijual distributor itu relatif lebih mahal dari kios.

Ia mengeluh karena pupuk yang dibeli kepada Saleh sebagai distributor mencapai Rp125 ribu setiap karung. Sementara harga jual pupuk di kios hanya Rp109 ribu. Dia mempertanyakan hal itu karena dia sendiri sebagai anggota poktan. Selain harga yang relatif lebih mahal, dia juga mengaku kesulitan untuk mendapatkan pupuk.

“Setelah saya lihat nota di kios, harganya Rp109 ribu. Harga itu sudah dengan ongkos kirimnya. Sedangkan ke poktan sampai Rp125 ribu,” ungkapnya.

Selaku distributor, Saleh membantah telah menjual pupuk bersubsidi kepada potan. Sebab menurutnya, pokan tidak diperbolehkan membeli pupuk secara langsung kepada kepada distributor. Poktan harus membeli pupuk ke kios. Ia menyanggah, petani yang membeli pupuk kepadanya bukan berarti membeli kepadanya selaku distributor, melainkan kepada kios milik anaknya. 

“Kalau saya jual ke poktan, nanti saya dikomplain oleh kios karena sudah ada wilayahnya masing-masing. Kalau di kios anak saya karena saya hanya membantu kios anak saya,” ucapnya. 

Kepala Seksi (Kasi) Pengawasan Sarana Pertanian Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Pamekasan Slamet Supriyadi menjelaskan, distributor tidak boleh menjual pupuk bersubsidi kepada poktan. Sebab poktan hanya bisa menebus pupuk kepada kios. Namun, untuk pupuk non-subsidi, distributor boleh menjual langsung ke poktan.

“Gak boleh beli ke distributor. Harus ke kios. Nanti saya tanyakan ke distributornya,” ucap Slamet.

Reporter: Ali Wafa

Redaktur: Muhammad Aufal Fresky

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *