Sambung Pipa Liar tanpa Water Meter, Oknum Pegawai Perumdam Jaya Diskorsing Dua Bulan

  • Whatsapp
(FOTO: KM/ALI WAFA) LIAR: Oknum karyawan PDAM diskorsing karena melakukan sambungan pipa liar tanpa water meter.

KABARMADURA.ID | PAMEKASANKetua Perkumpulan Pemuda Pengawal Keadilan (PPPK) menemukan tindakan pelanggaran hukum oleh oknum pegawai Perusahaan Umum Daerah Air Minum (Perumdam) Tirta Jaya. Oknum perusahaan yang dulu bernama Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) itu melakukan sambungan pipa PDAM secara liar.

Ketua PPPK Basri enggan menyebutkan identitas oknum pegawai tersebut. Namun pihaknya meyakini, oknum itu telah mengalirkan air PDAM ke rumahnya tanpa menggunakan meteran. Akibatnya, air PDAM mengalir ke rumahnya tanpa ada tagihan iuran. Karena temuan itu, pihaknya mendesak agar direktur PDAM memberikan tindakan tegas.

Bacaan Lainnya

“Ini harus ditindak tegas. Sementara yang kami temukan masih satu. Kami telah memiliki bukti,” ucap Basri.

Sementara itu, di tempat terpisah, Penjabat Sementara (Pjs) Direktur Perumdam Tirta Jaya Agoes Bachtiar membenarkan informasi tersebut. Tetapi, pihaknya telah memberikan penindakan berupa skorsing selama dua bulan. Oknum pegawai itu diskorsing tidak boleh masuk kantor dengan konsekuensi pemotongan gaji.

“Oh iya, tapi sudah kami skorsing. Jika tetap melakukan, ini bisa berujung pemberhentian,” ungkap Agoes.

Agoes juga mengungkapkan, kasus tersebut tidak hanya sekali terjadi. Sebelumnya, beberapa pegawai PDAM juga pernah melakukan tindakan yang sama. Namun, setelah diketahui, mereka mendapat skorsing. Skorsing yang diberikan bervariatif. Ada pegawai yang diskorsing selama dua bulan, tiga bulan, bahkan ada yang diskorsing selama enam bulan.

Pada kasus yang lama, tambah Agoes, sambungan liar itu dilakukan karena kualitas air PDAM buruk, jika menggunakan water meter kualitas air akan terganggu. Namun dia menyebutkan, saat ini water meter tidak akan mengganggu. Sehingga seluruh sambungan pipa harus menggunakan water meter

“Jangankan sambungan liar, yang pakai rekening air saja, ketahuan saya skorsing. Sudah saya sampaikan itu di forum,” tegas Agoes.

Reporter: Ali Wafa

Redaktur: Muhammad Aufal Fresky

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *