Polres Sebar 4.035 Personel di Darat dan Kepulauan Amankan Pilkades Serentak Sumenep

  • Whatsapp
(FOTO: KM HUMAS POLRES) APEL TIM:  Polres Sumenep sebar 4.035 personel di darat dan kepulauan amankan Pilkades Serentak Sumenep.

KABARMADURA.ID | SUMENEP -Menjelang pelaksanaan pemilihan kepala desa (pilkades) serentak di Sumenep, sejumlah aparat pengamanan mulai dikerahkan. Bahkan sudah memetakan titik rawan dalam pelaksanaan di beberapa titik.

Sedikitnya ada 9 titik yang disebut rawan konflik. Wilayah itu antara lain Kecamatan Arjasa, Sapeken, Masalembu, Pragaan, Guluk-Guluk, Lenteng, Saronggi, Talango dan Bluto. Dalam pengamanan, Kepolisian Resor (Polres) Sumenep melibatkan pasukan gabungan yang didatangkan dari 18 polres se-Jatim dan satu Polda Jatim.

Bacaan Lainnya

Kabag Humas Polres Sumenep AKP Widiarti mengatakan, pilkades serentak yang digelar pada Kamis (25/11/2021) tersebut melibatkan 84 desa, 661 tempat pemungutan suara (TPS) di 27 kecamatan, baik kepulauan maupun daratan Sumenep.

Aparat pengamanan merupakan gabungan Polri, TNI dan Linmas sebanyak 4.035 personel. Masing-masing dari Polri sebanyak 2.361 personel, TNI sebanyak 352 personel dan Linmas sebanyak 1.322 personel.

“Untuk yang kepulauan kami sudah berangkatkan pada hari Sabtu kemarin, mereka harus disiagakan terlebih dahulu, hari ini untuk kawasan daratan sudah disiagakan,” katanya, Senin (22/11/2021).

Pihaknya sudah mulai memetakan, ada sekitar 9 titik rawan dan itu menjadi prioritas dalam pengamanan. Sejumlah antisipasi pengamanan sudah dipersiapkan. Sehingga jika terjadi  kontinjensi atau kejadian menonjol, segera dilaporkan secara berjenjang kepada pada wilayah dari lapisan bawah hingga paling atas agar segera bisa  diselesaikan..

Titik paling rawan disiagakan 3 personel di TPS. Selebihnya akan ditempatkan di beberapa lokasi yang membutuhkan penjagaan dan pengamanan.

“Kami istilahkan zona merah untuk kategori paling rawan, kuning lebih ringan, sangat ringan hijau. Tetapi kami menganggap semua rawan serius, jadi harus diwaspadai semua,” imbuhnya.

PILKADES SERENTAK SUMENEP

661 TPS, 84 desa di 27 kecamatan

9 TITIK RAWAN

Arjasa, Sapeken, Masalembu, Pragaan, Guluk-Guluk, Lenteng, Saronggi, Talango dan Bluto

PENGAMANAN

  • Polres Sumenep
  • Polri 2.361 personel, TNI 352 personel dan Linmas 1.322 personel
  • Polisi dilibatkan dari 18 polres se-Jatim dan satu Polda Jatim
  • TPS paling rawan disiagakan 3 personel, selebihnya ditempatkan di lokasi yang membutuhkan penjagaan dan pengamanan.

Reporter Moh Razin

Redaktur: Wawan A. Husna

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *