1.100 Pelanggan PDAM Bangkalan Nunggak, Kerugian Tembus Rp2,1 Miliar

  • Whatsapp
(FOTO: KM/FAIN NADOFATUL M.) ABAI: Ribuan pelanggan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Bangkalan menunggak pembayaran.

KABARMADURA.ID | BANGKALAN -Belum pedulinya pelanggan Perusahaan Air Minum Daerah (PDAM) akan pembayaran bulanan, mulai menjadi bahan evaluasi. Sedikitnya 1.100 sambungan air pelanggan yang menunggak pembayaran. Hanya saja, masih 159 sambungan yang diputus. Hal ini diungkapkan Plt PDAM Bangkalan Joko Supriyono, Kamis (25/11/2021).

Sebab total kerugian dari adanya tunggakan ribuan sambungan itu mencapai Rp2,1 miliar. Sedangkan jumlah keseluruhan sambungan air yang menjadi tanggungannya mencapai 24.000 pelanggan. Pemutusan sambungan merupakan langkah untuk mengurangi kerugian perusahaan daerah. “Rata-rata yang menunggak tiga bulan, lima bulan hingga ada yang setahun serta dua tahun,” ujarnya.

Bacaan Lainnya

Menurutnya, selama ini belum melakukan pemutusan sambungan air secara permanen, meski pelanggan menunggak hingga dua tahun lebih. Sebab jika diputus secara permanen, PDAM harus melakukan penyambungan ulang jika ada permintaan. Sehingga hanya memberikan peringatan tertulis, dan dilanjutkan ke sanksi tegas berupa pemutusan sambungan sementara.

“Belum ada yang sampai kami putus secara permanen. Karena ketika diputus permanen nanti ketika pelanggan meminta sambungan harus kami sambung lagi. Jadi diputus sementara,” ucapnya

Lebih lanjut, pria yang juga menjabat sebagai Kepala Inspektorat menjelaskan, saat ini sudah berkoordinasi dengan bupati untuk melakukan pemutihan. Bahkan tengah memberikan pelayanan, bahwa pelanggan yang menunggak digratiskan dendanya. Sehingga pelanggan hanya cukup membayar iuran air setiap bulan. “Itu berlaku untuk semua pelanggan PDAM yang menunggak tahun ini,” jelasnya.

Untuk itu, dia meminta para pelanggan segera melakukan pembayaran. Sebab tahun 2022 nanti, jika 1.100 pelanggan tetap menunggak,maka akan memutus sambungan secara permanen. “Kami sudah berikan pelayanan, kalau ada kendala segera kami perbaiki agar pelanggan ini bisa menikmati fasilitas air bersih. Jadi saya minta lunasi segera tunggakan dan jangan sampai ada yang menunggak,” tegasnya.

Reporter: Fain Nadofatul M.

Redaktur: Totok Iswanto

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *