Tren Vaksinasi di Bangkalan Fluktuatif

  • Whatsapp
(FOTO: KM/HELMI YAHYA) TIDAK STABIL: Kesadaran masyarakat untuk melakukan vaksin di Bangkalan masih rendah.

KABARMADURA.ID | BANGKALAN -Vaksinasi di Bangkalan kembali mengalami penurunan. Sebelumnya vaksinasi sempat turun di pertengahan tahun 2021, kemudian naik lagi pada Agustus dan September di 2021 dan saat ini mengalami penurunan. Bahkan pencapaian di empat kecamatan masih rendah. Sehingga harus ada langkah baru untuk tetap mengoptimalkan capaian vaksinasi.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bangkalan Sudiyo menuturkan, tren vaksinasi menurun akibat kesadaran masyarakat melemah. Kemungkinan, warga menganggap resiko penularan mulai rendah. Padahal sebenarnya masih sama seperti sebelumnya. Yakni, resiko penularan Covid-19 cukup tinggi.

Bacaan Lainnya

“Iya sekarang turun lagi, faktor utamanya lantaran kesadaran masyarakat belum muncul sepenuhnya,” ujarnya, Kamis (2/12/2021).

Dia menyebutkan capaian vaksinasi di daerah untuk dosis 1 sudah mencapai 41% lebih, dosis dua masih sekitar 15%. Selain itu, capaian vaksinasi di empat kecamatan masih rendah. Masing-masing, di Kecamatan Konang, Modung, Geger dan Kokop. Sehingga upaya vaksinasi saat ini, akan difokuskan untuk empat kecamatan tersebut.

“Kalau ketersediaan vaksin masih cukup dan semua tenaga kesehatan (nakes) sudah siap untuk melayani vaksinasi. Hanya saja ketika masyarakatnya yang belum sadar, tidak bisa kami memaksa,” ucapnya.

Meski demikian, pihaknya optimis mampu mencapai 50% pada akhir tahun 2021. Yakni, dengan ikut serta menyediakan vaksin di semua kegiatan yang bisa menimbulkan kerumunan. “Kami sudah bekerjasama dengan Satgas Covid-19, dan mereka siap menerima agar semua kegiatan disediakan vaksinasi,” jelasnya.

Sementara itu salah satu pengunjung Pasar Rakyat di Bangkalan Siti Riamna mengaku, penyediaan vaksin di tempat keramaian seperti pasar justru akan mengakibatkan kondisi semakin tidak efektif. Sebab warga pasti menolak adanya vaksinasi di daerah pasar, jika pemberlakuannya tidak bersifat mengikat.

“Harus ada langkah tegas dari pemerintah. Misal jika belum melakukan vaksin, maka dilarang masuk ke kawasan pasar. Kalau diperketat, saya rasa pada akhirnya mereka akan mau divaksin,” sarannya.

Capaian Vaksinasi Kabupaten dan Kecamatan

  • Kabupaten
    • Dosis 1 41,13 %
    • Dosis 2 baru sekitar 15,21%
  • Kecamatan
    • Kecamatan Konang 16,43%
    • Kecamatan Kokop 15,75%
    • Kecamatan Geger 20,22%
    • Kecamatan Modung 23,16%

Reporter: Helmi Yahya

Redaktur: Totok Iswanto

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *