Rencanakan Penerapan Empat Jenis Parkir di Bangkalan

(FOTO: KM/HELMI YAHYA) WAJIB DIPAHAMI: Penerapan kebijakan parkir berlangganan di Bangkalan hanya diberlakukan di sejumlah titik.

KABARMADURA.ID | BANGKALAN -Penerapan parkir berlangganan di Kabupaten Bangkalan cukup bervareasi. Sedikitnya ada empat jenis penerapan. Sehingga akan memberikan tanda untuk setiap jenis parkir dengan tujuan, memudahkan petugas menertibkan pengendara. Hal tersebut diungkapkan Kepala Bidang (Kabid) Lalu Lintas Dinas Perhubungan (Dishub) Bangkalan Ariek Moein, Kamis (20/1/2022).

Menurutnya, penerapan parkir berlangganan masih kerap kali menimbulkan salah paham. Pengendara mengira parkir berlangganan bisa berlaku di mana saja. Padahal sesuai ketentuannya tidak berlaku di semua tempat. “Yang kami berlakukan parkir berlangganan ini hanya di tepi jalan saja, yang lainnya tidak,” ujarnya.

Sehingga penerapan empat jenis parkir berbeda penanganannya. Masing-masing, parkir berlangganan, khusus, retribusi dan parkir musiman. Sehingga tidak bisa disamakan pemberlakuan kebijakannya. “Kalau di parkir khusus, ini parkir yang lahannya milik pemkab, sedangkan retribusi parkir, ini biasanya di lahan milik swasta,” jelasnya.

Bacaan Lainnya

Sedangkan selama ini, masyarakat kadang masih salah paham. Sehingga di tahun 2022, akan memberikan tanda di setiap jenis parkir. Tujuannya, pengendara tahu dimana parkir berlangganan berlaku dan tidak. Bahkan tanda tersebut nantinya, akan dirancang sejelas mungkin.

“Tanda ini nanti bisa memudahkan para juru parkir (jukir) dan juga warga bisa mengetahuinya. Apakah akan ditandai dengan garis, cat atau rambu lalu lintas. Tetapi yang jelas, akan ada perbedaannya. Kami masih pikirkan solusinya akan menggunakan apa, tapi yang jelas tahun ini akan dipasang,” tegasnya.

Sementara itu anggota Komisi A DPRD Bangkalan Khotib mengatakan, pemberlakuan tersebut memang harus ditandai dengan beberapa objek tertentu. Bahkan diberikan sosialisasi dengan bentuk tanda-tanda di lokasi parkir. Sehingga warga yang sudah memahami aturannya, bisa memberikan informasi ke masyarakat lain.

“Ini bisa dilihat di kota-kota besar, bahwa untuk penerapannya warga memang harus dibantu dengan sosialisasi. Jika nanti masih ada yang belum mematuhi, petugas bisa menunjukkan tanda tersebut. Ini sebagai langkah solusi, juga antisipasi, jadi petugas bisa lebih dipermudah,” saran Politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Empat Jenis Parkir

  • Berlangganan
  • Khusus
  • Retribusi
  • Musiman

Reporter: Helmi Yahya

Redaktur: Totok Iswanto

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.