Ponpes Al-Anwar Patereman Modung Mulai Persiapkan Rencana Buka Minimarket

Ponpes Al-Anwar
(KM/Ponpes Al-Anwar) TERUS BERGERAK: Asrama Pesantren Al-Anwar sepi karena ditinggal pulang santri saat libur Ramadan.

KABARMADURA.ID | BANGKALAN-Pondok Pesantren (Ponpes) Al-Anwar yang beralamatkan di Jalan Raya Patereman, Desa Patereman, Kecamatan Modung, Bangkalan, mulai berencana mengembangkan toko modern. Pengembangan bisnis usaha dari koperasi pondok pesantren (kopontren) itu harus dilakukan lantaran menjadi salah satu penopang keberlangsungan aktivitas pesantren.

Selain ingin memiliki toko modern atau minimarket, menurut  pengurus Kopontren Al-Anwar, Ustaz Muhyiddin, juga berencana mendirikan usaha percetakan.

Dengan pengembangan bisnis kopontrennya itu, sehingga perlu adanya tambahan modal untuk mewujudkannya.

Bacaan Lainnya

“Kami sudah mulai merencanakan pengembangan kopontren, saat ini kan mulai menjamur toko modern. Kami juga melihat peluang bisnis di sana, makanya kami rencanakan ke depan,” ungkapnya pada Kabar Madura, Minggu (3/4/2022).

Sedangkan rencana bisnis percetakan, yang akan dibuka adalah seperti tempat fotocopy serta sablon. Saat ini memang Ponpes Al-Anwar hanya memiliki satu bisnis yang masih beroperasi, yaitu koperasi dan eksis di kalangan santri dan masyarakat sekitar.

Meski hanya satu bisnis yang dijalankan, tetapi selama ini masih mampu membantu keberlangsungan dan pengembangan pesantren. Sebab, dari bisnis  itulah sumber pendapatan utama yang dimiliki Pesantren Al-Anwar.

“Kalau tempat makan kan sudah biasa, di setiap pesantren pasti ada. Dulu kami pernah memiliki bisnis makanan olahan, tapi tidak bisa bertahan lama, masih kekurangan tenaga terlatih untuk mengolah makanan ringan. Tapi tidak menutup kemungkinan nanti bisa dioperasikan lagi,” pungkasnya.

 

Reporter : Fathurrohman

Redaktur: Wawan A. Husna

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.