oleh

90 Ribu Ton Garam Rakyat Mengendap

Kabarmadura.id/SAMPANG-Berdasarkan catatan Dinas Perikanan Kabupaten Sampang, hasil produksi garam di wilayah itu pada musim produksi di tahun 2018 mencapai 346 ribu ton. Namun hingga saat ini, garam rakyat yang terserap oleh PT Garam (pesero) dan perusahaan swasta lainnya masih sekitar 256 ribu ton, sehingga masih ada stok garam petani sekitar 90 ribu ton belum terserap.

Kepala Bidang (Kabid) Perikanan dan Budidaya Dinas Perikanan Sampang Moh Mahfud berujar, produksi garam di Sampang pada musim produksi 2018 tergolong sangat tinggi, namun tingkat penyerapan garam rakyat itu belum maksimal, karena masih menyisakan stok garam rakyat yang cukup besar.

“Perkiraan sisi stok garam yang belum terserap hingga saat ini masih sekitar 90 ribu ton dari total produksi mencapai 346 ribu ton,” ujar Mahfud kepada Kabar Madura, Minggu (24/3).

Sampai saat ini, penyerapan garam rakyat di Sampang terus berjalan. Hanya saja, penyerapan yang dilakukan PT Garam (Persero), PT Garindo dan PT Budiono Pamekasan. Namun belakangan, jumlah pembelian garamnya relatif sedikit, karena di sebagaian gudang garam sudah mulai penuh.

Menurut Mahfud, mayoritas pabrik dan pengusaha garam saat ini hanya membeli garam kw-1 dan kw-2. Tapi biasanya, semua garam mulai dari kw-1 sampai kw-4 dapat terserap. Untuk itu, pihaknya berjanji akan terus membantu penjualan garam petani dan menjaga stabilitas harga, baik di pabrik maupun tengkulak.

“Yang jelas, penyerapan garam rakyat tetap berjalan stabil, tapi sebagian petani masih menunggu harga mahal untuk menjual,” ungkapanya.

Biasanya, para petani menyimpan produksi dengan maksud akan dijual pada saat musim penghujan. Pasalnya, pada saat musim penghujan seperti saat ini, harga garam biasa lebih mahal dibandingkan saat musim kemarau. Untuk itu, pihaknya berjanji akan berkoordinasi dengan sejumlah pengusaha garam dengan harapan dapat memaksimalkan penyerapan garam petani di Sampang.

“Prinsipnya, kami (Dinas Perikanan red) akan mengkoordinaasi dengan semua pengusaha garam, baik di Sampang dan dari luar daerah agar penyerapan garam rakyat lebih dimaksimalkan  lagi, sehingga garap petani terserap semua,” janjinya. (sub/waw)

 

Komentar

News Feed