oleh

984 Pelayan Posyandu di Pamekasan Dibatasi

Kabarmadura.id/Pamekasan– Dinas Kesehatan (Dinkes) Pamekasan tidak bisa memaksimalkan program  pos pelayanan keluarga berencana kesehatan terpadu (Posyandu). Pasalnya daerah yang masuk zona merah dalam peta sebaran Covid-19 dilarang keras untuk melaksanakan kegiatan yang sifatnya mengumpulkan banyak orang. Selain itu dari  984 titik lokasi posyandu yang tersebar di 13 Kecamatan masih belum terbebas dari Covid-19.

Menurut Kepala Seksi (Kasi) Promosi Kesehatan Masyarakat (Promkes) Dinkes Pamekasan Riski Syamlan, pelaksanaan kegiatan posyandu pada zona merah dalam sebaran covid-19 tidak bisa melaksanakan aktivitasnya, namun bagi wilayah yang sudah masuk zona hijau bisa melaksanakan sebagaimana mestinya sesuai dengan protokol kesehatan (prokes).

“Insyaallah lebih dari 50 persen dari posyandu yang ada sudah berjalan kegiatannya, dan sudah menjalankan protokol kesehatan,” ungkapnya, Selasa (15/9/2020).

Dia juga menjelaskan pembatasan kegiatan pada zona merah dalam sebaran Covid-19 bukan tanpa alasan, tetapi untuk mencegah penularan pihaknya sudah menginformasikan kepada semua kader posyandu untuk terus memberikan info kepada masyarakat dengan terus disiplin.

“Ada 4,920 kader posyandu di Pamekasan, kalau masuk zona merah tidak kami rekomendasikan, tidak boleh melaksanakan kegiatan yang sifatnya mengumpulkan orang,”ulasnya.

Dijabarkannya, fasilitasi terhadap kesehatan ibu dan anak sudah tetap berjalan dengan baik dengan menerapkan prokes yang ketat. Hal itu  agar terjamin dalam kesehatan masyarakat tetap terjaga. Meski saat ini kegiatan posyandu tidak ada, pelaksanaan kegiatan kesehatan ibu anak tetap berjalan, misalnya imunisasi, jadi bisa menjadwal imunisasi di puskesmas atau petugas bisa kunjungan ke rumah warga.

”kepada masyarakat pada situasi Covid-19 agar bisa memakai masker jika keluar rumah, menjaga jarak saat bertemu dengan orang, dan sesering mungkin untuk mencuci tangan,” jelasnya.

Sementara itu, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Pamekasan Ainul Yakin berharap agar pelayanan kesehatan semakin membaik, apalagi di tengah situasi Covid-19, perlu adanya kerja ekstra untuk kesehatan masyarakat.

“Kami harapkan setiap program pelayanan kesehatan terus ditingkatkan,”tukasnya, (rul/mam)

Komentar

News Feed