oleh

986 PAUD di Pamekasan Belum Pasti Dapat BOP

KABARMADURA.ID, PAMEKASAN -Dinas Pendidikan dan kebudayaan (Disdikbud) Pamekasan belum bisa memastikan 986 pendidikan anak usia dini (PAUD) bisa bantuan operasional pendidikan (BOP), disebabkan penentuannya berdasar pada data pokok pendidikan (Dapodik ) yang saat ini masih proses sinkronisasi data dari masing-masing lembaga pendidikan ke Dapodik.

Kepala Bidang (Kabid) PAUD Disdikbud Pamekasan menegaskan, jika merujuk kepada pencairan BOP pada tahun lalu, untuk pencairan BOP terbagi menjadi dua tahap dalam setahun, diberikan kepada masing-masing penerima, dengan total selama setahun Rp600 ribu. Sehingga, untuk tahap pertama dan kedua masing-masing mendapatkan Rp300 ribu.

“Untuk setiap lembaga masih belum ada ketentuan dari pemerintah pusat, perkiraan bulan April sudah ada ketentuan,” paparnya, Kamis (18/3/2021).

Untuk mendapatkan BOP, tambahnya, setiap lembaga harus bisa menyinkronkan datanya kepada Dapodik. Sehingga, sudah terproses dengan baik. Untuk berbagai kualifikasinya, bisa dimungkinkan setiap lembaga yang mengajukan bisa mendapatkan BOP. Sedangkan dari pemkab sendiri dimungkinkan tidak ada program yang sangat berarti untuk pelaksanaan kegiatan di tingkat PAUD. Sebab, anggarannya sudah direfocusing, namun masih belum final.

“Sementara program dari pemkab sudah terkena refocusing, sudah tinggal 25 persen dari anggaran yang ada,” ulasnya.

Sementara itu, Ketua Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Pamekasan Moh. Sahur, meminta eksekutif melakukan komunikasi secara intens, agar bisa menjembatani berbagai kepentingan lembaga pendidikan di tingkat PAUD dengan pemerintah pusat, utamanya dalam pemerolehan BOP dari masing-masing lembaga yang terdata di Dapodik. (rul/nam)

Seputar BOP PAUD di Pamekasan

  • Pencairannya dua tahap, masing-masing Rp300 ribu.
  • Lembaga harus bisa menyinkronkan data Dapodik.
  • DPRD mendesak Disdikbud menjembatani lembaga PAUD dengan pemerintah pusat.
  • Pencairan BOP PAUD terkena imbas refocusing anggaran Covid-19.

 

Komentar

News Feed