991 Peserta CPNS Sampang Gugur di Tes SKD

  • Whatsapp
(FOTO: KM/DOKUMEN) KANDAS: Ratusan pendaftar CPNS di Kabupaten Sampang tidak lulus SKD, hanya 143 orang yang dinyatakan lulus dan berhak mengikuti tes SKB selanjutnya.

KABARMADURA.ID | SAMPANG -Hasil ujian seleksi kompetensi dasar (SKD) untuk Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Sampang sudah bisa diakses. Ratusan pendaftar dipastikan gugur, dan hanya 143 orang yang dinyatakan lulus SKD dan berhak mengikuti tahapan seleksi kompetensi bidang (SKB). Hal ini diungkapkan Kepala Bidang Informasi dan Pembinaan Aparatur Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Sampang Hendro Sugiarto, Senin (15/11/2021).

Menurutnya, jumlah pendaftar CPNS 2021 di daervah yang identik dengan slogan Kota Bahari mencapai 1.287 orang. Sebanyak 153 peserta dinyatakan tidak memenuhi syarat (TMS) dan 1.134 peserta memenuhi syarat serta bisa mengikuti SKD.  Alhasil, hanya 143 orang yang dinyatakan lulus dan bisa mengikuti SKB,  sedangkan sisanya 991 peserta dipastikan gugur.

Bacaan Lainnya

“Sejatinya hasil SKD ini langsung diumumkan setelah selesai mengikuti ujian. Sehingga para peserta tes bisa mengetahui perolehan nilainya, tanpa harus menunggu pengumuman dari kami. Karena sudah ditentukan penilaiannya dari ambang batas yang telah ditetapkan oleh Kementerian Aparatur Pendayagunaan Reformasi dan Birokrasi (Kemenpan RB),” ujarnya.

Pihaknya menjelaskan, nilai ambang batas SKD CPNS atau passing grade ditentukan dari tiga macam tes SKD yang harus diikuti peserta CPNS. Masing-masing, tes wawasan kebangsaan (TWK), tes intelegensia umum (TIU) dan tes karakteristik pribadi (TKP), dengan nilai ambang batas tes 65 untuk TWK, 80 untuk TIU, dan 166 untuk TKP. Ketentuan tersebut, sebagaimana diatur dalam surat keputusan (SK) Menpan RB Nomor 1023 tentang Nilai Ambang Batas.

“Setelah direkap, CPNS yang dinyatakan lulus SKD dan bisa mengikuti SKB ini hanya 143 orang, sedang ratusan pendaftar lainnya dipastikan gugur, karena perolehan nilainya tidak memenuhi passing grade yang sudah ditentukan,” jelasnya.

Dia menguraikan, untuk tahapan tes SKB masih menunggu keputusan pusat. Sedangkan jadwal tentatif sudah ditentukan dari tanggal 27 November hingga 18 Desember 2021 mendatang. Namun untuk jadwal di Kabupaten Sampang belum diketahui pasti, masih menunggu pengumuman dari pusat.

“Kami juga masih menunggu pengumuman dari pusat, belum bisa memastikan SKB ini kapan digelar, untuk perkiraannya bisa digelar akhir bulan ini hingga pertengahan bulan Desember nanti,” uranya.

Disinggung soal formasi CPNS yang tidak ada pelamarnya, Hendro menegaskan hanya formasi dokter spesialis sebanyak lima orang.  Meski demikian, tidak bisa berbuat banyak lantaran ketentuan formasi sudah diatur langsung oleh pemerintah pusat, sedangkan daerah hanya sebatas melaksanakan tes sesuai ketentuan yang berlaku.

“Formasi yang kosong hanya dokter spesialis, sementara formasi yang lain ada pendaftarnya. Prinsipnya kami sudah menjalankan tahapan rekrutmen CPNS ini sesuai ketentuan yang ada, hanya saja peminat untuk formasi dokter spesialis ini yang tidak ada,” tegasnya.

Jumlah Keseluruhan Peserta dan Hasil Seleksi CPNS

  • Total
    • 287 peserta
  • Tidak Memenuhi Syarat (TMS)
    • 153 peserta
  • Memenuhi Syarat
    • 134 peserta
  • Gagal tes SKD
    • 991 peserta
  • Lolos SKD dan lanjut tes SKB
    • 143 peserta

Reporter: M. Subhan

Redaktur: Totok Iswanto

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *