Syarat dan Ketentuan

I. KETENTUAN UMUM

MOHON UNTUK MEMBACA SELURUH SYARAT DAN KETENTUAN PENGGUNAAN DI BAWAH INI DENGAN CERMAT DAN SAKSAMA SEBELUM MENGGUNAKAN SETIAP FITUR DAN/ATAU LAYANAN YANG TERSEDIA DALAM APLIKASI PEDULILINDUNGI.

Syarat dan Ketentuan Penggunaan ini adalah perjanjian antara pengguna (“Pengguna”) dan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia selaku Penyelenggara Sistem Elektronik Aplikasi PeduliLindungi (“Aplikasi”) untuk menanggulangi penyebaran Corona Virus Disease (COVID-19) dan penyakit menular lainnya. Syarat dan Ketentuan Penggunaan ini mengatur pengelolaan Data Pribadi pada Aplikasi.

Dengan menyetujui Syarat dan Ketentuan Penggunaan ini, Pengguna juga menyetujui ketentuan penggunaan tambahan pada Aplikasi dan perubahannya yang merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari Syarat dan Ketentuan Penggunaan ini (“Ketentuan Penggunaan Tambahan”).

Apabila Pengguna tidak setuju terhadap salah satu, sebagian, atau seluruh isi yang tertuang dalam Syarat dan Ketentuan Penggunaan ini, Pengguna diperkenankan untuk menghapus Aplikasi dalam perangkat elektronik dan/atau tidak menggunakan Aplikasi. Aplikasi dilepaskan dari seluruh tanggung jawab atas seluruh kerugian yang Pengguna terima sehubungan keputusan untuk tidak menggunakan Aplikasi ini.

II. DEFINISI

Setiap kata atau istilah berikut yang digunakan di dalam Syarat dan Ketentuan Penggunaan ini memiliki arti seperti berikut di bawah, kecuali jika kata atau istilah yang bersangkutan di dalam pemakaiannya dengan tegas menentukan lain:

Aplikasi” adalah aplikasi dan situs website “PeduliLindungi” yang dipergunakan dalam pelaksanaan surveilans Kesehatan oleh Pemerintah Republik Indonesia dalam menangani penyebaran Corona Virus Disease (COVID-19) dan penyakit menular lainnya, antara lain penelusuran (tracing), pelacakan (tracking), pemberian peringatan (warning dan fencing) di wilayah Republik Indonesia, dan dalam rangka memfasilitasi tatanan kehidupan yang baru (new normal).

Pengguna”, berarti setiap orang yang menggunakan Aplikasi.

Data Pribadi” atau "Informasi Pribadi", berarti setiap dan seluruh data pribadi yang diberikan oleh Pengguna Aplikasi, termasuk namun tidak terbatas pada nama, nomor identifikasi, data kesehatan, lokasi pengguna, kontak pengguna, serta dokumen dan data lainnya sebagaimana diminta pada formulir pendaftaran akun atau formulir lainnya pada saat menggunakan Aplikasi.

III. PEMBUKAAN AKUN

Sebelum menggunakan Aplikasi, Pengguna wajib menyetujui Syarat dan Ketentuan Penggunaan dan Kebijakan Privasi, dan mendaftarkan diri Pengguna dengan memberikan informasi yang diminta. Saat melakukan pendaftaran, Aplikasi akan meminta Pengguna untuk memberikan Data Pribadi, dan Pengguna dapat mengubah Data Pribadi pada fitur pengaturan dalam Aplikasi.

IV. PENGGUNAAN APLIKASI

Setelah Pengguna mengisi data diri yang dibutuhkan pada saat pendaftaran, sistem Aplikasi akan membuatkan akun Pengguna yang tunduk pada Syarat dan Ketentuan Penggunaan sebagai berikut:

  1. Pengguna Aplikasi setuju untuk:
    1. Menggunakan Aplikasi hanya untuk tujuan dan cara yang sah;
    2. Mematuhi semua panduan, pemberitahuan, peraturan operasional, kebijakan, dan instruksi apa pun terkait penggunaan Aplikasi, sekaligus seluruh perubahan yang diterbitkan oleh Aplikasi dari waktu ke waktu, baik karena alasan teknis atau karena kebijakan Pemerintah Republik Indonesia; dan
    3. Menjamin informasi atau data yang Pengguna publikasikan atau tampilkan di Aplikasi bersifat akurat dan tidak menyesatkan.
  2. Dalam hal berusia di bawah 18 tahun dan belum menikah, Pengguna menyatakan dan menjamin bahwa Pengguna telah memperoleh izin dari orang tua atau wali hukum. Dengan memberikan persetujuan, orang tua atau wali hukum Pengguna setuju untuk ikut tunduk pada Syarat dan Ketentuan Penggunaan ini.
  3. Pengguna memahami dan setuju untuk juga tunduk pada Kebijakan Privasi Aplikasi.
  4. Pengguna dilarang untuk:
    1. Menggunakan Aplikasi atau isinya untuk tujuan apapun yang melanggar hukum atau dilarang dalam Syarat dan Ketentuan Penggunaan ini;
    2. Mengambil, mengunduh, menggunakan atau menyimpan Data Pribadi dan/atau Informasi Pribadi tentang pengguna lain;
    3. Menggunakan program-program seperti robot, spider, scraper atau cara otomatis atau manual lainnya untuk menjangkau, memantau, menyalin, dan/atau menyebarluaskan informasi, data dan/atau konten apapun pada Aplikasi;
    4. Mengirim virus, spam, program atau teknik lainnya pada Aplikasi;
    5. Mendekompilasi, membongkar, atau merekayasa balik setiap perangkat lunak atau konten yang digunakan di bagian manapun dari Aplikasi;
    6. Melakukan tindakan apapun untuk menghindar dari langkah-langkah yang dapat digunakan untuk mencegah, mengganggu, atau membatasi penggunaan ke Aplikasi;
    7. Melakukan tindakan yang mengakibatkan terjadinya overload atau crash terhadap Aplikasi atau server Aplikasi;
    8. Memalsukan lokasi dan informasi lain yang berkaitan dengan lokasi Pengguna daripada yang sebenarnya;
    9. Melakukan tindakan lainnya yang dapat menghambat pengoperasian Aplikasi.
  5. Jika Pengguna mencetak, menyalin, mengunduh, mengunggah, memperbanyak, atau menyebarkan bagian mana pun dari Aplikasi yang melanggar Syarat dan Ketentuan Penggunaan ini, hak untuk menggunakan Aplikasi akan segera diberhentikan dan Pengguna harus mengembalikan atau memusnahkan salinan dari materi yang telah Pengguna buat.
  6. Aplikasi berhak untuk melakukan investigasi maupun melakukan gugatan atau tuntutan terhadap bentuk pelanggaran apa pun terhadap Syarat dan Ketentuan Penggunaan sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku dengan melibatkan pihak yang berwenang.

V. JAMINAN-JAMINAN

  1. Aplikasi menjamin aspek keamanan dan bertanggung jawab atas kegagalan atau gangguan sistem berkaitan fungsi Aplikasi.
  2. Dalam hal terjadi kegagalan atau gangguan sistem yang diakibatkan oleh pelanggaran atau penggunaan tidak sah sebagaimana diatur dalam ketentuan peraturan perundang-undangan yang dilakukan oleh pengguna dan/atau pihak lain terhadap Aplikasi, maka Aplikasi akan segera melaporkan kepada aparat penegak hukum dan atau lembaga terkait lainnya. Dalam hal kegagalan atau gangguan sistem tersebut menimbulkan kerugian, maka Aplikasi dibebaskan dari tanggung jawab.

VI. GANTI RUGI

Aplikasi dilepaskan dari setiap klaim atau tuntutan, yang dilakukan oleh pihak lain yang timbul dalam hal Pengguna melanggar ketentuan dalam Syarat dan Ketentuan Penggunaan ini, penggunaan fitur dan/atau layanan Aplikasi yang tidak semestinya, dan/atau pelanggaran Pengguna terhadap hukum atau hak-hak pihak lain.

VII. PEMBATASAN

  1. Aplikasi mengambil langkah-langkah teknis dan keamanan yang sesuai dan wajar untuk menjaga agar Aplikasi tetap aman dan bebas dari virus, gangguan dan kesalahan. Namun, meskipun teknologi ini efektif, tidak ada sistem keamanan yang tidak dapat ditembus. Dengan demikian, Aplikasi tidak dapat menjamin keamanan basis data Aplikasi maupun menjamin bahwa informasi yang Pengguna berikan tidak akan terhambat pada saat dikirimkan melalui sistem Aplikasi. Aplikasi akan menginformasikan kepada Pengguna secara tertulis apabila terdapat pelanggaran keamanan data yang melibatkan Informasi Pribadi Pengguna. Aplikasi melakukan upaya terbaik untuk menjaga keamanan Aplikasi, seluruh perangkat yang mendukung, dan informasi Pengguna.
  2. Aplikasi dapat saja mengalami pembatasan, penundaan, dan masalah lain terkait penggunaan internet dan komunikasi elektronik, termasuk kecacatan perangkat yang digunakan oleh Pengguna, tidak terhubung, di luar jangkauan, tidak aktif, atau tidak berfungsi. Aplikasi tidak bertanggung jawab atas penundaan, kegagalan pengiriman, kerusakan, atau kerugian apa pun akibat masalah-masalah tersebut atau masalah lain diluar jangkauan Aplikasi.

VIII. HAK KEKAYAAN INTELEKTUAL

Segala merek, logo, gambar, ikon, source code, atau desain logo, serta apapun yang terdapat dalam Aplikasi merupakan kepemilikan yang diperoleh secara sah oleh Aplikasi, yang tidak boleh disalin, ditiru, atau digunakan, baik secara keseluruhan atau sebagian tanpa persetujuan tertulis terlebih dulu dari Aplikasi.

IX. PENGHENTIAN APLIKASI

  1. Pengguna tidak memiliki kewajiban untuk menggunakan Aplikasi dan dapat memilih untuk berhenti menggunakan Aplikasi.
  2. Aplikasi berhak untuk segera menangguhkan, membatasi, atau menghentikan penggunaan Pengguna atas Aplikasi jika diduga Pengguna telah melanggar ketentuan apa pun dalam Syarat dan Ketentuan Penggunaan ini atau hukum dan peraturan yang berlaku.
  3. Pengguna dan Aplikasi setuju untuk mengabaikan ketentuan-ketentuan dalam Pasal 1266 dan Pasal 1267 Kitab Undang-Undang Hukum Perdata (KUH Perdata), berkaitan dengan pengakhiran Syarat dan Ketentuan Penggunaan ini.

X. LAIN-LAIN

  1. Pengguna mengerti dan setuju bahwa Syarat dan Ketentuan Penggunaan ini merupakan perjanjian dalam bentuk elektronik dan tindakan Pengguna menekan tombol ‘daftar’ atau dengan diksi lain pada saat pembukaan akun atau tombol ‘masuk’ atau dengan diksi lain pada saat akan menggunakan akun Pengguna merupakan persetujuan aktif untuk mengikatkan diri dalam perjanjian dengan Aplikasi, sehingga Syarat dan Ketentuan Penggunaan ini dan Kebijakan Privasi adalah sah dan mengikat secara hukum dan terus berlaku sepanjang Pengguna terus menerus menggunakan Aplikasi.
  2. Pengguna tidak akan mengajukan tuntutan atau keberatan apapun terhadap keabsahan dari Syarat dan Ketentuan Penggunaan atau Kebijakan Privasi yang dibuat dalam bentuk elektronik.
  3. Pengguna tidak dapat mengalihkan hak berdasarkan Syarat dan Ketentuan Penggunaan ini tanpa persetujuan tertulis dari Aplikasi. Namun, Aplikasi dapat mengalihkan hak Pengguna kepada pihak lain tanpa perlu mendapatkan persetujuan terlebih dahulu atau memberikan pemberitahuan kepada Pengguna.
  4. Apabila Pengguna tidak mematuhi atau melanggar Syarat dan Ketentuan Penggunaan ini, dan Aplikasi tidak mengambil tindakan secara langsung, tidak dapat diartikan bahwa Aplikasi mengesampingkan hak untuk mengambil tindakan yang diperlukan di kemudian hari.
  5. Ketentuan ini tetap berlaku bahkan setelah penangguhan, pembatasan, atau penghentian penggunaan Aplikasi atau setelah berakhirnya perjanjian ini antara Pengguna dan Aplikasi.
  6. Syarat dan Ketentuan Penggunaan dibuat dalam bahasa Indonesia dan dan bahasa asing. Dalam hal terdapat ketidakkonsistenan antara versi bahasa Indonesia dan bahasa asing, maka versi bahasa Indonesia yang akan berlaku.
  7. Syarat dan Ketentuan Penggunaan ini diatur berdasarkan hukum Republik Indonesia. Seluruh perselisihan yang timbul dari penggunaan Aplikasi ini terlebih dahulu diselesaikan melalui negosiasi dan musyawarah. Dalam hal perselisihan tidak dapat diselesaikan dalam jangka waktu 60 (enam puluh hari) setelah perselisihan tersebut timbul, perselisihan harus diselesaikan melalui Badan Arbitrase Nasional Indonesia (BANI).
  8. Jika salah satu dari ketentuan dalam Syarat dan Ketentuan Penggunaan ini tidak dapat diberlakukan, hal tersebut tidak akan memengaruhi keberlakuan ketentuan lainnya.
  9. Syarat dan Ketentuan Penggunaan ini dapat diubah dari waktu ke waktu dengan pemberitahuan kepada Pengguna melalui Aplikasi. Dengan tetap mengakses Aplikasi, Pengguna dianggap telah membaca, memahami dan menyetujui Syarat dan Ketentuan Penggunaan ini, termasuk perubahan dan/atau pembaharuannya.

XI. PEMBERITAHUAN

  1. Dalam hal Pengguna menemukan celah keamanan sistem Aplikasi, maka Pengguna wajib segera melaporkan temuan secara tertulis kepada Aplikasi. Pengguna dilarang memanfaatkan hal tersebut untuk kepentingan pribadi atau kelompok tertentu dan mempublikasikan kepada khalayak umum dengan alasan apapun.
  2. Pengguna dapat menyampaikan pertanyaan, keluhan dan/atau pengaduan sehubungan dengan penggunaan Aplikasi. Segala tanggapan, saran, dan atau temuan yang diberikan Pengguna terkait Aplikasi tidak dianggap sebagai informasi rahasia. Aplikasi berhak atas penggunaan informasi ini secara bebas tanpa batas. Pengguna dilarang untuk menyalahgunakan temuan sehingga dapat mempengaruhi pengoperasian Aplikasi.
  3. Laporan temuan keamanan, pertanyaan, keluhan dan/atau pengaduan sehubungan dengan penggunaan Aplikasi disampaikan secara tertulis melalui email pedulilindungi@kemkes.go.id dengan melampirkan identitas Pengguna.
  4. Aplikasi akan melakukan verifikasi Data Pribadi dengan berpedoman pada Data Pribadi yang tersimpan pada sistem Aplikasi. Aplikasi berhak melakukan penolakan atas pertanyaan, keluhan dan/atau pengaduan yang diajukan dalam hal Data Pribadi belum diverifikasi.

SAYA TELAH MEMBACA DAN MENGERTI SELURUH SYARAT DAN KETENTUAN PENGGUNAAN INI DAN KONSEKUENSINYA DAN DENGAN INI MENERIMA SETIAP HAK, KEWAJIBAN, DAN KETENTUAN YANG DIATUR DI DALAMNYA.

Kabar Madura