Abaikan Tebusan, Empat Alsintan di Sampang Dirampas

  • Whatsapp
(FOTO: KM/ DOKUMEN ) KECEWA: Sejumlah petani di Desa Tanggumong, Sampang banyak kecewa adanya penarikan alsintan

KABARMADURA.ID, SAMPANG – Sejumlah petani di Desa Tanggumong Sampang, merasa kecewa dengan oknum pejabat di Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (Dispertan KP) Sampang. Sebab, beberapa alat mesin pertanian (alsintan) diduga sengaja ditarik oleh oknum pejabat.

Informasi yang dihimpun Kabar Madura, sedikitnya ada empat alsintan jenis hand traktor yang ditarik di Desa Tanggumong. Padahal, alat tersebut sudah lama dipakai oleh sejumlah kelompok tani (poktan). Namun, tetap ditarik dengan alasan tidak jelas.

Bahkan, penarikan alsintan dilakukan beberapa minggu lalu. Namun, tidak ada kepastian alat itu dikembalikan. “Mesin itu semuanya bisa dipakai. Tapi ditarik dengan alasan mau diperbaiki. Tapi, sampai sekarang tidak jelas apakah mesin itu dikembalikan atau tidak,” kesal petani yang namanya enggan dikorankan, Senin (5/7/2021).

Menurutnya, salah satu indikasi penarikan akibat poktan belum memberikan uang tebusan alsintan. Seperti, sejumlah poktan yang berada di desa lain. “Kami hanya mendengar jika penarikan itu dilakukan, karena tidak ada uang tebusan. Seandainya ada uang tebusan ke dinas mungkin tidak diambil mesinnya,” ucapnya.

Pihaknya mengaku, kecewa dengan adanya penarikan alsintan sepihak. Sebab, tidak melalui musyawarah terlebih dahulu. Padahal, petani siap membayar tebusan. Meski harus patungan untuk mendapatkan kembali alsintan.

Terpisah, Kepala Dispertan dan KP Sampang Suyono mengaku, tidak membenarkan adanya penarikan alsintan. Menurutnya, semua bantuan hibah tidak boleh ditarik kembali. Sebab bantuan itu khusus untuk membantu petani. “Itu tidak boleh ada yang menarik. Apalagi bantuan hibah. Akan kami cek dulu mas. Siapa tahu ada program lain,” responya singkat. (man/ito)0etani

 

Jumlah dan Jenis Alsintan yang Ditarik Secara Paksa

4 hand traktor

Modus Penarikan Alsintan

Diambil ketika digunakan oleh petani dengan alasan akan diperbaiki

Dugaan Pengambilan Alsintan

Poktan tidak membayar uang tebusan

Langkah Dispertan KP

Bantuan hibah tidak boleh ditarik

Akan cek kebenarannya di lapangan

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *