Absen 1 Semester, 10 Siswa SMP di Bangkalan Tidak Lulus

  • Whatsapp
(FOTO: KM/FA'IN NADOFATUL M.) PENGUMUMAN KELULUSAN: Dinas Pendidikan (Disdik) Bangkalan mencatat 11.357 siswa SMP dan 2.000 siswa SD lulus ujian.

KABARMADURA.ID, BANGKALAN-Kelulusan siswa-siswi lembaga pendidikan sekolah menengah pertama (SMP) di Bangkalan telah diumumkan Jumat (4/6/2021) lalu. Dari ribuan siswa SMP tersebut, 10 siswa dinyatakan tidak lulus. Mereka berasal dari SMP negeri juga swasta.

Sekretaris Dinas Pendidikan (Disdik) Bangkalan M. Zainul Qomar mengatakan, ada 11.357 siswa SMP yang lulus tahun 2021. Meski ada 10 siswa yang tidak lulus, Qomar menyampaikan, bisa dikatakan siswa SMP lulus 100 persen.

Bacaan Lainnya

“8 anak yang tidak lulus dua SMP negeri dan enam dari SMP swasta,” katanya, Selasa (15/6/2021).

Qomar menjelaskan, berdasarkan keterangan dari Kepala Bidang (Kabid) Pembinaan SMP Disdik Bangkalan Jufti Kora, siswa yang tidak lulus tersebut, secara umum tidak aktif mengikuti kegiatan lebih dari 1 semester. Pihaknya mengaku sudah mengkomunikasikannya kepada wali siswa yang tidak lulus tersebut.

“Dan semua wali siswa dari 10 anak itu sudah menyerahkan sepenuhnya kepada sekolah,” imbuhnya.

Dijelaskan Qomar, alasan 10 anak yang tidak lulus tersebut karena tidak aktif mengikuti pelajaran daring selama satu semester.

“HP-nya punya, cuma anaknya yang memang gak mau aktif,” jelasnya.

Sedangkan, pengumuman kelulusan untuk lembaga pendidikan sekolah dasar (SD) dilakukan secara daring pada Selasa (15/6/2021). Dia menambahkan, siswa SD negeri dan swasta yang diluluskan sekitar 20.000 anak. Namun, untuk data pastinya, pihaknya masih belum menerima laporan langsung dari masing-masing korwil.

“Yang SD sepertinya belum rampung untuk hari ini,” ungkapnya.

Kepala Bidang (Kabid) Pembinaan SD Disdik Bangkalam Dewi Ega, siswa-siswi baik di SD negeri maupun swasta lulus semua. Namun, saat ditanya berapa jumlah siswa SD yang lulus, ia menjawab, bahwa data kelulusan dari masing-masing kecamatan belum masuk semua ke Disdik.

“Insya Allah lulus semua. Pengumuman dilakukan secara daring, kecuali daerah yang sulit jaringan internet. Orang tua siswa yang mengambil ke sekolah,” tandasnya. (ina/maf)

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *