Absen Tes SKD, Belasan Peserta CPNS di Sampang Gugur

  • Whatsapp
(FOTO: KM/IST FOR KM) PANTAU: Bupati Sampang H. Slamet Junaidi beserta jajaran melihat langsung para peserta tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2021 beberapa waktu lalu.

KABARMADURA.ID, SAMPANG -Belasan peserta ujian Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2021 tidak hadir alias absen. Sehingga, para peserta tersebut secara otomatis gugur. Hal ini diungkapkan Pelaksana tugas (Plt) Kepala Badan Kepegawaian dan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Sampang Arif Lukman Hidayat melalui Kepala Bidang (Kabid) Informasi dan Pembinaan Aparatur Hendro Sugiarto, Minggu (19/92021).

Menurutnya, para CPNS yang tidak bisa mengikuti tes SKD sesuai jadwal yang sudah ditentukan, maka tidak bisa mengikuti tes susulan. Terkecuali, sedang menjalani perawatan lantaran terpapar wabah Covid-19. Untuk saat ini, tes SKD sedang berlangsung hingga tanggal 21 September nanti.

Bacaan Lainnya

Dijelaskan SKD dilaksanakan selama empat hari. Namun hingga saat ini, sudah ada belasan peserta yang diketahui tidak bisa mengikuti tes beberapa waktu lalu. “Peserta tes SKD yang tidak hadir sesuai jadwalnya, maka otomatis yang bersangkutan gugur. Karena hanya peserta yang terkena Covid-19 yang masih diberikan kesempatan untuk mengikuti tes susulan, untuk alasan lain atas ketidak hadirannya tidak ada toleransi,” ujarnya.

Ditegaskan, untuk peserta yang memenuhi passing grade pada SKD tersebut, langsung bisa diketahui setelah mengikuti tes. Hanya saja, tidak mengetahui secara pasti jumlah peserta yang lulus dan tidaknya. Sebab, pelaksanaan tes masih sedang berlangsung. Sehingga belum melakukan rekapitulasi terkait perolehan nilai para peserta.

Sedangkan untuk ketentuan passing grade pada SKD CPNS 2021, yakni tes wawasan kebangsaan (TWK) minimal 65, Tes Intelegensia Umum (TIU) 80 dan tes karakteristik pribadi (TKP) 156. Kata dia, untuk peserta yang memenuhi passing grade  bisa melanjutkan ke tahapan seleksi selanjutnya. Yakni, Tes Seleksi Kompetensi Bidang (SKB), sedangkan yang tidak bisa memenuhi secara otomatis gugur.

“Kami masih nunggu ujian selesai, jadi untuk saat ini hanya peserta yang sudah mengikuti ujian yang tahu perolehan nilainya, apakah masuk passing grade dan tidaknya?. Terakhir, ujian masih hari Selasa ini,” tegasnya.

Untuk diketahui, jumlah pendaftar CPNS 2021 di Kabupaten Sampang mencapai 1.287 orang. Sebanyak 153 pendaftar dinyatakan tidak memenuhi syarat (TMS). Sisanya, 1.134  memenuhi syarat. Sedangkan untuk jumlah peserta yang lulus SKD, hingga saat ini belum dilakukan rekapitulasi oleh panitia pelaksana.

 

Reporter: M. Subhan

Redaktur: Totok Iswanto

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *