oleh

Ach Dafid, Kajur Teknik UNIBA Madura yang Mudah Akrab dalam Bergaul

Sambut dengan Penanaman Karakter via Daring dan Luring

Kabarmadura.id/Sumenep-Ketua Jurusan (Kajur) Teknik Universitas Bahaudin Mudhary (UNIBA) Madura Ach Dafid memiliki cara tersendiri untuk menyambut mahasiswa baru (maba). Pasalnya, dia tengah mempersiapkan agenda penanaman karakter di awal masuk perkuliahan.

SYAHID MUJTAHIDY, SUMENEP

Menurut Dafid, agenda tersebut masih akan dijalankan pada Bulan September. Diketahui, penerimaan mahasiswa baru masih berlangsung. Saat ini, sedang dibuka untuk gelombang ketiga dan kelas karyawan.

“Yang kami siapkan untuk menyambut mahasiwa baru Jurusan Teknik, yaitu penanaman karakter. Itu akan kami laksanakan nanti di bulan sembilan (September). Saat ini, kami masih buka. Ada gelombang ketiga, bagi yang berminat untuk masuk UNIBA Madura,” tuturnya kepada Kabar Madura, Selasa (28/7/2020) sore.

Kajur asal Desa Jambu, Kecamatan Lenteng, Sumenep ini menyebutkan, pelaksanaan agenda tersebut melalui dua konsep, yakni dalam jaringan (daring) dan luar jaringan (luring).

Pelaksanaan yang via daring, kata Dafid, untuk penyampaian teori mengenai pengembangan karakter bagi mahasiswa jurusan Teknik. Baru setelah itu tahap kedua akan menggunakan sistem luring sebagai ajang penegasan dari materi yang disampaikan via daring.

“Untuk yang luring atau tatap muka, kami lakukan melalui diklat-diklat atau pengembangan mental mahasiswa kami. Dua konsep daring dan luring itu karena masih kondisi belum seperti biasanya. Jadi, kami terpaksa menggunakan seperti itu,” sambungnya.

Di samping menyambut dengan penanaman karakter, dosen kelahiran Sumenep 12 Desember 1993 tersebut juga bakal menerapkan kurikulum baru, yang telah ditetapkan Kementerian Pendidikan  dan Kebudayaan Republin Indonesia (Mendikbud RI).

“Kami telah mempersiapkan kurikulum baru untuk mahasiswa baru. Itu sesuai dengan kebijakan Menteri (Nadiem Makarim) berupa kurikulum kampus merdeka. Jadi, mahasiswa baru yang masuk UNIBA Madura tahun ini, terutama Jurusan Teknik sudah mengikuti perkembangan,” pungkasnya. (idy/nam)

Komentar

News Feed