oleh

Achmad Faizal, Mahasiswa UNIBA Madura yang Hidup Mandiri dengan Kuliah Sambil Kerja

Kabarmadura.id/Sumenep-Kesibukan Mahasiswa Universitas Bahaudin Mudhary (UNIBA) Madura Achmad Faizal tidak sebatas belajar di kampus. Akan tetapi, dia sembari bekerja sebagai pegawai Kedai Adien Sumenep.

SYAHID MUJTAHIDY, SUMENEP

Faizal memeras keringat sejak duduk di bangku Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Sumenep. Sebab, dia bekerja mulai tahun 2017.

Baru tahun 2019, mahasiswa asal Kecamatan Manding, Sumenep ini kuliah di UNIBA Madura dengan mengambil jurusan Manajemen. Tahun ini, dia hendak memasuki semester 3.

Lebih lanjut, Faizal menjelaskan, memilih kuliah sambil kerja tidak terlepas agar bisa hidup mandiri, tanpa membebankan kebutuhan terhadap keluarga.

Tak ayal, mahasiswa kelahiran 21 Agustus 1998 ini telah mampu kuliah biaya sendiri, serta memenuhi kebutuhan dengan uang hasil keringatnya sendiri.

“Saya bekerja sejak 2017 akhir di Kedai Adien. Saat itu, saya masih sekolah di MAN Sumenep. Iya, pasti agar bisa hidup mandiri dalam ekonomi, tanpa memberatkan orang tua,” ceritanya kepada Kabar Madura, Rabu (22/7/2020) siang.

Akan tetapi, mahasiswa berusia 21 tahun itu juga tidak bisa maksimal berproses di kampus. Menurutnya, tidak bisa mengembangkan diri di kampus dengan ikut organisasi.

Diketahui, UNIBA Madura memiliki banyak organisasi kemahasiswaan, seperti Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Olahraga, E-Sport, Musik, dan sebagainya. Kampus tersebut juga punya sejumlah Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM).

“Nggak ada (dukanya); cuman terbatasnya mengikuti kegiatan yang ada di kampus seperti organisasi, karena pasti terbentur dengan pekerjaan. Selain itu, baik-baik saja,” sambungnya.

Di samping itu, Faizal menceritakan, sebelum menjadi pegawai Kedai Adien Sumenep, belum merasakan kerja di tempat atau bidang lain. (nam)

Komentar

News Feed