oleh

Achsanul Qosasi Dampingi Anak Didik Hingga ke London

Kabarmadura.id-Dua mahasiswa Universitas Bahaudin Mudhary Madura (UNIBA) Madura, Adji Nur Wahyudin dan Shantyumi Sasmita, tampak sumringah saat mendapat dukungan langsung dari Dr. Achsanul Qosasi (AQ) dan Ibu Nonik AQ.

AQ yang juga ketua Yayasan Qudsiyah Bahaudin Mudhary (UNIBA Madura) dan Ibu Nonik AQ mendampingi Aji dan Santi hingga ke London, Kamis (7/11).

“Aji dan Santi langsung dijemput oleh perwakilan Nottingham menuju Nottingham University. Saya bersama Tim Kedutaan menuju hotel,” ungkap AQ kepada Kabar Madura, tadi malam.

Jumat (8/11) pagi, kedua mahasiswa tersebut langsung akan melakukan kegiatan dan presentasi atas penelitian yang dilakukan, di hadapan Tim Nottingham University. Mereka aka nada di sana selama 4 hari.

“Keduanya juga melakukan sejumlah kunjungan ke berbagai universitas di United Kingdom,” ungkap AQ dengan penuh kebanggaan.

AQ mendoakan semoga Aji dan Santi bisa mahasiswa berprestasi, dan kelak bermanfaat untuk Madura dan Indonesia. Menurutnya, UNIBA Madura hanyalah sarana dalam mengarahkan kemampuan mereka.

“Semoga kelak muncul mahasiswa UNIBA Madura yang bisa terlibat dalam
komunikasi ilmiah yang berskala internasional,” tegas AQ.

Bagi AQ, penelitian mereka diterima saja pihaknya sudah sangat bersyukur, apalagi mereka diundang  langsung ke Nottingham atas biaya Nottingham University.

“Ini membanggakan. Kedua mahasiswa tersebut belum pernah naik pesawat dan belum pernah ke luar negeri, sehingga perjalanan mereka pasti seru dan mengharukan,” ujarnya. (nam)

 

Hadiah Kejutan dari Ibu Nonik AQ

Ada tambahan cerita lain, bagaimana ibu Nonik AQ mendampingi langsung dan memberikan hadiah kejutan dengan membawa mereka ke salon. Ibu menyiapkan baju-baju dingin buat mereka.

“Kemarin Ibu juga membawa ke Salon, dipermak. Karena mereka akan tampil presentasi mewakili UNIBA Madura. Kemarin keliatan ambhung,” tukas AQ.

Aji dan Santi mengaku terkesima atas kepedulian Ibu Nonik AQ. Keduanya merasa sedang bersama ibu kandungnya, perhatian Ibu Nonik AQ terasa manis sekali.

“Tentu perhatian beliau yang di luar dugaan menjadi motivasi tersendiri bagi kami. Semoga Ibu dan Pak AQ selalu sehat dan dalam lindungan Allah SWT,” ujar Aji dan Santi.

Untuk diketahui, Aji dan Santi akan memaparkan penelitian mereka terkait pemetaan, status dan tren penelitian dunia menggunakan metode scientometric atau bibliometric.

Aji fokus pada bidang organizational culture. Sementara itu, Santi mendalami topik student entrepreneur. Penelitian mereka melakukan data mining dari database Scopus.

Aji menggunakan 3,394 dokumen data penelitian dari tahun 1969-Oktober 2019 seluruh dunia. Santi memakai 132 dokumen data publikasi dari tahun 1978-Oktober 2019 semua bangsa. Kemudian, menganalisis peneliti terbanyak, afiliasi lembaga akademik terproduktif, negara terbanyak, sumber, subject area, format publikasi, hubungan antar peneliti dan grup keyword.

Penelitian Aji mengambil judul organizational culture research positioning: a scientometric overview. Dan, kajian Shantyumi menggunakan tajuk student entrepreneur: a 41-year publication mapping of bibliometric.

The University of Nottingham adalah universitas swasta berbasis riset di East Midland, Inggris, berdiri pada tahun 1881. University of Nottingham merupakan perguruan tinggi peringkat ke-96 dunia versi QS World University Rankings 2020.

Keberangkatan mahasiswa Uniba Madura ini merupakan implementasi dari impian Ketua Yayasan Qudsiyah Bahaudin Mudhary Dr. Achsanul Qosasi supaya pemuda-pemudi Madura bisa sejajar dan berprestasi dalam bidang pendidikan di tingkat nasional maupun internasional.

Biaya pengurusan dokumen seperti paspor, visa, dan perjalanan domestik, didukung penuh oleh UNIBA Madura. Sedangkan untuk biaya perjalanan internasional dan akomodasi selama di UK didukung oleh pihak University of Nottingham.

Aji mengaku siap dan sudah mempersiapkan peralatan yang akan dijadikan
bekal nantinya ketika pemberangkatan “Saya sudah siap beberapa persiapan sudah dilakukan,” ujarnya.

Sementara itu, Santi mengutarakan, pihaknya sudah latihan presentasi, papernya sudah jadi materi. (nam)

 

Komentar

News Feed