oleh

Achsanul Qosasi: Jadikan Sepak Bola sebagai Referensi Kehidupan Baru

Kabarmadura.id-Kompetisi Liga 1 2020 tengah dalam persiapan untuk kembali digelar. Rencananya, kompetisi domestik tertinggi Indonesia itu akan kembali diputar 1 Oktober 2020.

Sebelumnya, kompetisi tersebut dihentikan sementara seiring dengan merebaknya wabah Covid-19 di Indonesia pada Bulan Maret 2020. Tak ayal, sejak 15 Maret 2020, kompetisi resmi dihentikan sementara pasca laga Madura United kontra Bali United FC.

Sejatinya, sejauh ini, wabah Covid-19 masih belum sirna di Tanah Air. Akan tetapi, pemerintah pusat tengah mencanangkan untuk menerapkan kehidupan baru atau yang familiar disebut new normal.

Tak heran, Presiden Madura United Achsanul Qosasi berharap, kembali bergulirnya kompetisi bisa menjadi ajang sosialisasi dalam penerapan kehidupan baru itu. Dia juga menyebutkan, suporter juga harus ikut andil mempelopori itu dari daerah masing-masing.

“Kompetisi diperbolehkan berputar kembali. Sepak bola harus menjadi tempat sosialisasi kehidupan baru yang sangat efektif. Suporter menjadi ujung tombak di daerahnya masing-masing,” ujarnya, Kamis (23/7/2020).

Di samping itu, pria yang familiar disapa AQ ini menceritakan telah berdiskusi tentang kembalinya Liga 1 2020 dengan Ketua Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letnan Jenderal Doni Monardo.

Kompetisi tersebut bisa bergulir kembali dengan catatan penerapan protokol kesehatan, seperti halnya semua pemain dan official klub menjalankan swab test yang akan difasilitasi BNBP dan laga digelar tanpa suporter.

Selanjutnya, setiap pertandingan hanya dihadiri maksimal 270 orang, bis klub tidak boleh bergantian, dan saat terdapat pasien yang terinfeksi Covid-19 dari klub, semuanya akan dikarantina.

“Inilah sepak bola era Covid-19. Jika kompetisi ingin dimulai, maka kita harus mematuhi aturan tersebut, agar kompetisi tidak berhenti di tengah jalan,” tutup AQ. (idy/nam)

Komentar

News Feed