AD/ADD Belum Cair, Tunggu Laporan APBDes dari Kepala Desa

  • Whatsapp

Kabarmadura.id/Bangkalan- Memasuki bulan ketiga di tahun 2020, Dana Desa (DD) di Lingkungan Kabupaten Bangkalan sebesar Rp330 miliar belum juga cair. Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarat dan Desa (DPMD) Kabupaten Bangkalan Akhmad Ahadiyan mengatakan, untuk pencairannya masih menunggu pihak desa menyelesaikan administrasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes). Sebab, APBDes di 273 desa masih belum teralisasi.

“Jadi untuk saat ini kebalik sistemnya. Kalau dulu kan APBDes selesai, kita yang dikejar kepala desa karena harus menunggu Perbup dan SK Bupati. Tapi kalau sekarang tidak, pencairannya menunggu kepala desa karena Perbup dan SK Bupati sudah ada,” ujarnya.

Bacaan Lainnya

Untuk batas waktu kapan desa-desa di Bangkalan harus menyelesaikan administrasi APBDes, lelaki yang kerap disapa Dhiet ini menyampaikan, tidak ada batasannya. Sehingga, hal itulah yang membuat pencairan DD lamban. Padahal Perbub dan SK Bupati mengenai pencairan DD sudah ada.

“Tidak ada batas waktu bagi kepala desa untuk menyerahkan APBDes. Hanya saja, lebih cepat lebih baik, sehingga Dana Desa bisa segera dicairkan. Tapi, sampai sekarang belum ada kepala desa yang menyetorkan APBDes,” paparnya.

Perihal pencarian, DD tahun ini berbeda dengan tahun lalu. Untuk tahun lalu pencairan dari tahap I 20, tahap II 40 dan tahap III 40. Tapi kalau sekarang, menurut Dhiet, pencairan yakni tahap I 40, tahap II 40 dan tahap III 20. Dengan pencairannya disesuaikan dengan selesainya kegiatan desa dan progres tiap desa yang pasti berbeda-beda.

“Kalau Alokasi Dana Desa (ADD) sebesar Rp112 miliar. Kita tergetkan APBDes ini segera diselesaikan secepatnya. Karna target kita bulan ini (Maret, red) sudah pencairan DD,” pungkasnya. (ina/pai)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *