oleh

Ada Titik Terang, Tes SKB CPNS Bakal Dilaksanakan September-Oktober

Kabarmadura.id/Sumenep-Tes Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) ditargetkan pada  September-Oktober mendatang. Hal tersebut berdasarkan rapat bersama BKN Regional II pada Selasa (21/7/2020) pukul 14.00 WIB.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Sumenep Abd. Madjid mengatakan, pada prinsipnya akan segera dilaksnakan tes SKB CPNS formasi tahun 2019 dan akan dilaksnakan September-Oktober. Bersama Kepala BKN regional II,dari rapat tersebut diidentifikasi daerah-daerah agar siap melaksanakan tes SKB.

“Jadi, sebanyak 647 peserta SKB Sumenep akan segera ikut tes,” katanya, Kamis (23/7/2020).

Untuk Sumenep saat ini sudah siap melaksanakan kegiatan tersebut. Bahkan, perencanaan mengenai teknis sudah dirapatkan di internal BKPSDM. Tentunya, pelaksanaannya berdasarkan protokol Covid-19, termasuk penambahan anggaran mengenai kebutuhan untuk Covid-19 sudah dirancang.

“Pastinya dilaksanakan secara tatap muka dengan Sistem CAT,” ujar dia.

Rancangan jelasnya akan diatur. Jika berkaca pada tahun sebelumnya, pelaksanaan dalam setiap harinya akan diikuti sebanyak 135 orang. Sehingga tidak banyak terjadi kerumunanan.

“Tapi, karena saat ini wabah Covid-19 maka akan lebih diperkecil lagi,” ujarnya.

Dirinya terus akan melakukan rapat bersama BKN. Agar pelaksanaan sesuai yang diharapkan. Mislanya, mengenai kisi-kisi serta penentuan tanggalnya.

“Sejatinya kita akan pikirkan secara matang dan dengan detail. Sehingga, tidak ada keslahan teknis,” paparnya.

Diketahui, formasi PNS di Sumenep berdasarkan keputusan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PAN-RB) tersedia 310 orang. Rinciannya, tenaga kesehatan sebayak 95 orang , tenaga teknis pertanian 45 orang, tenaga teknis 67 orang dan tenaga pendidikan 103 orang.

Jikalau tidak sesuai pada formasi yang ditentukan maka sepenuhnya akan dipasrahkan pada pemerintah pusat. Apakah akan ditambah atau dicukupkan.

“Kami berharap para calon PNS yang hendak ikut SKB segera belajar untuk persiapan kelulusannya,” tukasnya.

Anggota Komisi I DPRD Sumenep Nurus Salam mengatakan, percepatan tes SKB PNS sangat diharapakan mulai dari awal. Sebab, kebutuhan tenaga PNS sangat dibutuhkan dilingkungan Sumenep. Sehingga, pelaksanaannya juga harus dipercepat.

Ia berharap, jika harus dilaksanakan pada masa Covid-19, maka selayaknya mematuhi protokol kesehatan yang ada. Dengan demikian, selain PNS bertambah, juga dapat menjaga kesehatan yang ada. “Ke depan pemkab juga harus berkomunikasi aktif dengan pemerintah pusat mengenai jadwal pelaksanaannya,” pungkasnya. (imd/pai)

 

 

 

 

 

 

 

Komentar

News Feed