Adji Nur Wahyudin, Mahasiswa STIEBA Madura yang Akan Berangkat ke Nottingham

  • Whatsapp

Dua Mahasiswa STIEBA Madura akan berangkat  ke University of Nottingham pada tanggal 18-20 September 2019 untuk mengikuti seminar pengembangann sosial dan budaya di lembaga penelitian Asia. Sekilas, prestasi mereka tampak gemilang, tetapi bagaimanakah perjuangannya selama ini?

MOH TAMIMI, BATUAN

Adji Nur Wahyudin adalah salah satu mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi KH Bahaudin Mudhary (STIEBA) Madura yang terpilih untuk mengikuti seminar pengembangann sosial dan budaya  di University of Nottingham pada tanggal 18-20 September 2019.

Latar belakang kehidupan Adji bukanlah dari keluarga bangsawan atau konglomerat. Orang tuanya adalah petani musiman di desanya, Desa Talang, Kecamatan Saronggi, Sumenep. Sebagai anak petani, tidak jarang Adji ikut ke sawah untuk membantu orang tuanya.

Latar pendidikan Adji juga tidak berasal dari sekolah “unggulan” dengan biaya selangit.  Akan tetapi ia memiliki semangat yang membara untuk terus belajar, berproses. Kini, ia telah memetik sebagian hasil dari prosesnya.

Adji menyelasikan sekolah dasarnya di SDN Talang I, lalu menghabiskan Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Madrasah Aliyah (MA) di Pondok Pesantren Nurul Islam, Karang Cempaka, Bluto, Sumenep. Sejak tahun 2011, ia mondok di pesantren ini dan masuk ke areal khusus Bahasa Inggris.

Kemampuannya berbahasa Inggris mulai digodok sejak ia masih di pondok, sejak MTs. Inilah yang menjadi salah satu bekalnya untuk bisa lolos  berangkat ke United Kingdom (UK).

Sebelum berangkat ke UK, Adji harus mengikuti seleksi di kampusnya. Tim dosen STIEBA Madura melakukan seleksi secara bertahap, mulanya dengan menulis esai yang sesuai dengan topik yang ditentukan. Lalu, dilanjutkan dengan tes mengulas artikel ilmiah bertaraf internasional, ada juga tes vocabulary untuk assesment kecerdasan dan daya tahan. Adji mengungkapkan, hal itu dilakukan setiap hari sejak April 2019 pukul 07.20 WIB sampai pukul 20.00 WIB, dengan jam kuliah tetap aktif.

Adji memiliki rasa penasaran terhadap Nottingham.

“Saya penasaran dengan kehidupan sosial di sana,”ungkapnya saat ditemui di Kampus STIEBA Madura lantai II, Senin (27/8).

Di UK nanti, Adji akan membahas tentang potensi wisata yang ada di Sumenep untuk semakin meningkatkan  kesejahteraan ekonomi. Menurutnya, saat ini sektor pariwisata di Madura masih belum dikelola secara optimal. (pai)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *