AJS Lepas Atribut Jurnalis Sementara, Kibarkan Merah Putih di Bukit Bersama Warga Sampang    

  • Whatsapp
(FOTO: KM/FATHOR RAHMAN) BERBAUR: Aliansi Jurnalis Sampang (AJS) dan masyarakat di Dusun Tanjung Desa Taman Kecamatan Jrengik menggelar upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) ke-76.

KABARMADURA.ID, SAMPANG -Nuansa peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) tampak berbeda. Upacara bendera dilaksanakan di perbukitan Dusun Tanjung Desa Taman Kecamatan Jrengik Sampang. Kegiatan tersebut, dilaksanakan oleh jurnalis yang tergabung dalam Aliansi Jurnalis Sampang (AJS) dan sejumlah warga, Selasa (17/8/2021).

Sebelum menggelar upacara HUT RI ke 76, mereka melepas atribut sebagai jurnalis dan mengajak masyarakat untuk bersama-sama mengenang jasa pahlawan. Rombongan jurnalis berangkat ke lokasi, satu hari sebelum pelaksanaan upacara peringatan hari kemerdekaan. Sekitar 30 kilometer lebih dari pusat kota.

Sejumlah atribut bendera merah putih dibentangkan di lokasi. Mereka juga menggelar renungan malam tepat pada pukul 24.00. “Kami biasanya liputan momen-momen peringatan HUT Kemerdekaan. Tapi tahun ini, kami berupaya beda dengan menggelar upacara sendiri bersama warga di pedesaan,” ujar Ketua AJS, Abdul Wahed.

Menurutnya, untuk tiba di lokasi tidak mudah. Rombongan insan jurnalis harus berjalan kaki dengan medan berbatu dan terjal. Mereka mendirikan tenda dan bermalam di lokasi. Suasana keakraban semakin terpupuk melalui bakar singkong dan ikan untuk makan malam dengan cuaca cukup ekstrim di atas puncak bukit Taman indah.

“Kami juga melakukan renungan tepat tengah malam. Tugas keseharian kami tidak lepas dari melanjutkan tugas para pejuang. Bangsa Indonesia harus merdeka dari berbagai tindakan, termasuk korupsi,” tuturnya.

Tepat tanggal 17 Agustus 2021, semua anggota AJS melakukan persiapan upacara dengan melakukan gladi resik. Upacara kemudian dimulai pukul 09.00. Puluhan warga dari berbagai kalangan dan usia hadir menjadi peserta. Mereka meninggalkan pekerjaan masing- masing selama kurang lebih tiga puluh menit.

“Alhamdulilah upacara berjalan lancar dan kami bangga bisa menggelar upacara pada momentum hari kemerdekaan RI ke -76. Semoga kegiatan ini, mengingatkan kembali kepada masyarakat di pedesaan, tentang jasa pahlawan untuk merebut kemerdekaan,” tegasnya.

Dia menambahkan, momentum itu juga bersamaan dengan hari ulang tahun Bupati Sampang, Slamet Junaidi ke- 49. Diharapkan, Sampang semakin maju dan hebat bermartabat. “Kami keluarga besar AJS mengucapkan selamat ulang tahun kepada Bupati Sampang. Semoga semakin sukses dan amanah memimpin Kota Bahari,” tukasnya.  (man/ito)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *