Ajukan 24 Ribu, Tersedia 1277 Kasuka

  • Whatsapp
KM/DOK NASIB NELAYAN: salah seoroang nelayan di Sumenep bertaruh nyawa untuk menghasilkan ikan

Kabarmadura.id/Sumenep,- Kesadaran nelayan untuk mendapatkan kartu nelayan atau kartu usaha kelautan dan perikanan (Kasuka) semakin tinggi. Terbukti, tahun ini pemohon mencapai 24 ribu orang sementara pemerintah pusat hanya menyediakan 1277 Kasuka.

“Wah nelayan kita sudah sadar pentingnya kartu itu, ribuan yang mengajukan datanya kepada kami, dan kami juga telah mengajukan KKP Jawa Timur,” Katanya Senin (8/7)

“Dari jumlah yang kami ajukan yaitu 24.000 nelayan, hanya 1277 yang mendapatkan Kasuka, mungkin karena itu berfungsi untuk asuransi, sehingga jatahnya disesuaikan dengan anggaran,” ungkapnya.

Program Kasuka, ia melanjutkan, salah satu fungsinya adalah dapat memberikan asuransi terhadap nelayan. Sehingga dari jumlah pengajuan tidak sepenuhnya terpenuhi, tetapi di tahapan berikutnya semua yang telah mengajukan juga secara bergantian akan mendapatkan kartu tersebut.

Kendati demikian pihaknya juga menghimbau agar seluruh nelayan di Kabupaten Sumenep tetap bekerja sesuai kemampuan, karena pihaknya tidak ingin karena mendapatkan asuransi sehingga para nelayan tidak mementingkan keselamatan dirinya. Dan bagi yang belum mengajukan, silakan segera mengajukan, karena itu tidak ada biayanya.

“Gratis kok, cukup nyetor foto kopy KTP sama KK,” pungkasnya (km48/pai)

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *