AKD DPRD Sumenep Rampung

  • Whatsapp
RAMPUNG: Suasana ruang paripurna saat DPRD Sumenep merampungkan alat kelengkapan melalui rapat paripurna.

Kabarmadura.id/SUMENEP-Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sumenep akhirnya merampungkan keanggotaan alat kelengkapan dewan (AKD), yang sebelumnya sempat terjadi penundaan. Terbentuknya AKD di Parlemen Sumenep itu sendiri, melalui rapat paripurna pada Kamis (10/10).

Paripurna penetapan AKD tersebut dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Sumenep Abdul Hamid Ali Munir dan didampingi tiga wakil ketua, Faisal Muhlis, Indra Wahyudi, serta Ahmad Salim.

Terdapat tiga AKD yang ditetapkan pada kemarin, antara lain adalah keanggotaan empat komisi berikut struktur ketua komisi, wakil ketua hingga sekretaris komisi dan anggota-anggotanya.

Selain keanggotaan dan struktur terhadap empat komisi, ditetapkan pula AKD lainnya, seperti Badan Musyawarah (Bamus) DPRD Sumenep dan Badan Anggaran (Banggar) DPRD Sumenep.

Tahapan paripurna penetapan AKD diawali dengan pembacaan surat keputusan fraksi-fraksi, mengenai distribusi anggota fraksi ke komisi-komisi, Banggar, dan Bamus.

Jalannya paripurna sempat diskorsing selama satu jam untuk pemilihan pimpinan komisi-komisi. Selanjutnya, rapat paripurna dilanjutkan dengan pembacaan draf keputusan keanggotaan dan pimpinan AKD sesuai hasil rapat internal komisi.

Ketua DPRD Sumenep Abdul Hamid Ali Munir menyampaikan, pembentukan alat kelengkapan dewan telah dinyatakan final.

Kendatipun di agenda pembentukan AKD sebelumnya sempat gagal, lantaran tiga fraksi yang ada di legislatif belum menyetorkan nama-nama anggotanya yang akan didistribusikan di AKD tersebut.

Rupanya, dalam pembentukan AKD itu dilanjutkan dengan pemilihan pimpinan komisi-komisi. Sehingga empat komisi sudah selesai dengan strukturnya.

Dari pembentukan AKD yang kemudian dilanjutkan dengan pemilihan ketua komisi, menghasilkan, Komisi I diketuai oleh Darul Hasyim Fath, Wakil Ketua Mohammad Hanafi, Sekretaris Suroyo.

“Kemudian Komisi II Ketuanya adalah H Subaidi, Wakil Ketuanya Gunaifi Syarif Arrodi, Sekretaris Badrul Aini. Sementara di Komisi III disepakati yang menjadi ketua adalah Dulsiam, Wakil Ketua Latip, Sekretaris M Ramzi. Sedangkan di Komisi IV diketuai oleh Rozah Ardi Kaustar, Wakil Ketua Siti Hosna, dan Sekretaris Abu Hasan,” papar Ketua DPRD Sumenep Abdul Hamid Ali Munir.

Sebelum menutup rapat paripurna, Hamid mengatakan, bahwa AKD memiliki peran strategis dalam pelaksanaan tugas dan fungsi legislatif sebagai lembaga kontrol, kebijakan anggaran, hingga perundang-undangan.

Oleh karenanya, pihaknya mengajak, semua anggota di alat kelengkapan yang ada di DPRD Sumenep, secara bersama-sama dan bersinergi dalam mengemban amanah, serta aspirasi masyarakat. (ong/waw)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *