oleh

Akhirnya, Rumah Sakit Terapung Beroperasi

Kabarmadura.id/Sumenep -Setelah beberapa bulan mandeg, akhirnya dua kapal untuk rumah sakit (RS) terapung segera dioperasikan. Dua kapal itu sendiri merupakan bantuan dari pemerintah pusat melalui Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur.

Dua kapal untuk RS terapung tersebut adalah Gandha Nusantara 01 dan Kapal RS Terapung Ghanda Nusantara 02.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Sumenep Agus Molyono menjelaskan, perwakilan Dinkes Sumenep nantinya bersama Pemprov Jawa Timur akan memberikan pelayanan untuk daerah kepulauan melalui RS terapung tersebut.

Pelayanan yang akan didapat melalui RS terapung itu, diantaranya, sirkumsisi atau sunat, bedah minor, dan pelayanan mata. Objeknya, yakni di Kecamatan Gayam Pulau Sepudi, Kecamatan Arjasa serta Kecamatan Kangayan yang keduanya masuk pulau Kangean.

“Dipastikan besok (hari ini, red) kami bersama Dinkes Pemprov Jawa Timur melakukan pelayanan dengan dua kapal itu,” katanya, Rabu (6/11).

Dikatakan, ada 350 orang yang nantinya akan dilayani. Yakni, 100 orang di daerah Gayam dan 250 orang di daerah Kangean. Hal tersebut diketahui setelah input data dari rumah sakit daerah kepulauan.

Agus menambahkan, pihaknya bersama Dinkes Pemprov Jawa Timur akan bersama-sama menuju kepulauan. Bahkan, tambahnya, pihaknya sudah mempersiapkan dengan matang tentang cara pelayanan terbaik, cara mengatur waktu agar tidak lambat dan sejenisnya.

“Kami tidak main-main dalam menjalankan amanah dari pemerintah pusat ini, besok (hari ini, red) akan segera meluncur,” ucapnya.

Dia menghimbau, bagi masyarakat yang ingin mendaftar untuk perawatan, segera mengajukan diri ke puskesmas di daerah kepulauan. Nantinya puskesmas akan mendata dan memberikan pelayanan yang prima kepada masyarakat.

Kapal yang dilengkapi beragam perangkat rumah sakit termasuk ruang bedah tersebut, merupakan hasil kerja sama Kementerian Perhubungan dengan Menteri Kesehatan.

Sebelumnya, Bupati Sumenep Busyro Karim menyambut baik rencana itu. Dengan adanya rumah sakit terapung ini nantinya pelayanan kesehatan masyarakat kepulauan akan lebih terjamin serta maksimal. Harapannya, masyarakat Sumenep akan terlayani dengan baik.

“Saya sangat bagga atas program yang dicanangkan pemeritah pusat itu,” ujarnya.

Sementara, Ketua DPRD Sumenep Abdul Hamid Ali Munir mengatakan, pelayanan rumah sakit harus lebih dioptimalkan, utamanya RS terapung. Sebab dengan begitu, masyarakat cepat merasakan program pelayanan RS terapung itu.

“Pemerintah harus lebih optimal dalam menjalankan program,” tegasnya. (imd/pai)

 

Komentar

News Feed